Khutbah Jum’at 25 April 2025: Lima Pilar Membumikan Toleransi di Bumi Pertiwi

Lima Pilar Membumikan Toleransi di Bumi Pertiwi: Membangun Peradaban Cinta di Era Kurikulum Merdeka

ألْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءَكَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ، خَيْرُ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: وَلَوْ شَاۤءَ رَبُّكَ لَاٰمَنَ مَنْ فِى الْاَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيْعًاۗ اَفَاَنْتَ تُكْرِهُ النَّاسَ حَتّٰى يَكُوْنُوْا مُؤْمِنِيْنَ

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah

Segala puji bagi Allah swt yang telah memberikan kita berbagai macam kenikmatan sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya untuk menunaikan shalat Jumat. Di antaranya ialah nikmat kita sampai saat ini masih diberi kesempatan untuk bisa menghirup udara, sehingga bisa dipertemukan di siang Jumat hari ini. Sholawat beserta salam, mari kita sampaikan bersama kepada Nabi Muhammad saw, juga kepada para keluarganya, sahabatnya, dan semoga melimpah kepada kita semua selaku umatnya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah

Dalam Islam, toleransi adalah nilai yang juga diajarkan Rasulullah SAW. Kita semestinya meneladani sikap-sikap toleransi yang selalu ditonjolkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. Muslim di Indonesia sangat bisa menjunjung tinggi toleransi, saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. Apalagi agama di Indonesia cukup beragam, meskipun Islam adalah agama mayoritas. Namun, sangat disayangkan masih ada oknum-oknum yang bersikap intoleran. Relepan dengan Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Bambang Syamsyul Arifin Rabu, 23 April 2025 yang mengetengahkan Tema hasil Penelitiannya “Model Intenalisasi Moderasi Beragama pada Masyarakat Pedesaan”. menjadi inspirasi bagi Khatib. Wallahu Alam.  Di akhir Syawal 2025 ini, izinkan khotib mengetengahkan naskah khutbah Jumat yang mengajak umat Islam merawat toleransi di bumi Pertiwi. “Lima Pilar Membumikan Toleransi di Bumi Pertiwi: Membangun Peradaban Cinta di Era Kurikulum Merdeka”

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Sebagaimana kita ketahui, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, memiliki beraneka ragam etnis, budaya bahkan kepercayaan yang beragam. Untuk menjaganya tetap tentram, aman dan nyaman, perlu usaha dari semua pihak untuk saling bekerja sama satu sama lain. Di antara usaha yang dapat dilakukan untuk menjaganya ialah dengan mempraktikkan moderasi beragama dan selalu mengedepankan toleransi terutama antarpemeluk agama. Dalam memahami pentingnya bersikap toleran terhadap umat beragama lain, Allah menjelaskan dalam Al-Qur’an melalui beberapa ayat yang menunjukkan bahwa bersikap toleran merupakan keniscayaan untuk bisa bermasyarakat dan bergaul dengan umat agama lain. Allah memberikan penjelasan kepada Nabi Muhammad saw bahwa tidak semua umat manusia yang diajak beriman mau mengikutinya. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan yang digariskan oleh Allah dan tidak bisa diganggu gugat. Agama dan keyakinan tidak bisa dipaksakan kepada setiap manusia. Allah Ta’ala berfirman dalam surat Yunus ayat 40:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْ

Artinya: “Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur’an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan”.

Ayat tersebut selain memberikan penjelasan mengenai “ketentuan Allah” terhadap keberagaman keyakinan agama manusia, juga tak lain merupakan penghibur bagi Nabi saw, serta pengingat bahwa tugasnya hanyalah mengajak umat manusia, sedangkan memberi hidayah ialah bagian Allah swt. Hal ini relevan dengan Kurikulum Cinta yang digaungkan Kementerian Agama memiliki misi untuk menanamkan nilai-nilai kasih sayang, toleransi, dan harmoni pada generasi muda sejak dini. Tujuan utamanya adalah menciptakan individu yang mencintai Tuhan, sesama, lingkungan, dan bangsa, serta mampu hidup rukun dalam keberagaman. Itulah khotib sebut dengan “Lima Pilar Membumikan Toleransi di Bumi Pertiwi: Membangun Peradaban Cinta di Era Kurikulum Merdeka” Mari kita elaborasi satu-persatu:

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Prilar Pertama: Pendidikan sebagai Transformasi Nilai Toleransi; Nilai toleransi sebagai bentuk kasih sayang sejalan dengan firman Allah dalam Surat Al-Hujurat ayat 13:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.” (QS. Al-Hujurat [49]: 13).

Ayat ini menegaskan bahwa keberagaman adalah kehendak Allah yang perlu dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Pendidikan yang memuat kisah lintas iman dan budaya menjadi media transformasi nilai agar anak-anak tidak memandang perbedaan sebagai ancaman, melainkan rahmat yang perlu dipahami dan dihormati.

Pilar Kedua: Dialog dan Proyek Kolaboratif sebagai Transaksi Nilai,  Hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Ahmad).

Dialog dan proyek kolaboratif adalah cara menghidupkan nilai-nilai akhlak mulia melalui interaksi. Dalam proyek lintas iman, pelajar belajar menghargai perbedaan sambil bekerja sama mencapai tujuan bersama. Transaksi nilai ini adalah proses aktif membentuk empati, saling memahami, dan gotong royong lintas batas. Itulah esensi dari misi kerasulan Nabi yang relevan diterapkan dalam kurikulum masa kini.

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Prilar Ketiga: Pembentukan Karakter Lewat Transinternalisasi Nilai; Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 177:

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat yang merupakan kebaikan, akan tetapi sesungguhnya kebaikan itu ialah… dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir, dan orang-orang yang meminta…”(QS. Al-Baqarah [2] :177).

Ayat ini menekankan pentingnya kebaikan yang diwujudkan dalam tindakan nyata. Karakter toleran tidak tumbuh dari teori semata, tapi melalui konsistensi dalam tindakan sederhana: memberi, memaafkan, mendengar, dan menghargai. Inilah tahapan transinternalisasi nilai yang menjadikan cinta kasih bukan sekadar ide, melainkan watak.

Prilar Keempat: Integrasi Ekoteologi dalam Pembelajaran; Firman Allah dalam Surat Al-A’raf ayat 56:

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, setelah (Allah) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan.”(QS. Al-A’raf [7]: 56).

Ekoteologi mengajarkan bahwa mencintai dan menjaga bumi adalah perintah Tuhan. Kurikulum Cinta yang mengintegrasikan nilai spiritual dengan pelestarian lingkungan mendidik anak-anak agar menjadi manusia yang tidak hanya toleran terhadap sesama, tetapi juga terhadap seluruh ciptaan. Toleransi ekologis ini adalah bentuk ibadah yang bernilai tinggi.

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Terakhir Pilar Kelima: Toleransi sebagai Pilar Bangsa dan Modal Sosial Masa Depan;  Nabi Muhammad SAW: mengajarkan Bagaimana cara kita mencintai saudara kita? Di sini dapat kita pelajari dari Hadits Arbain karya Imam Nawawi, no. 13.

عَنْ أَبِي حَمْزَةَ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – خَادِمِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, pembantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” [HR. Bukhari, no. 13 dan Muslim, no. 45].

Hadis ini menegaskan bahwa kecintaan terhadap sesama apapun latar belakangnya adalah bagian dari iman. Dalam konteks kebangsaan, toleransi adalah fondasi untuk hidup bersama dalam damai. Kurikulum Cinta menanamkan cinta tanah air dan cinta terhadap keberagaman sebagai bekal untuk membangun masa depan Indonesia yang adil, makmur, dan bermartabat dalam era global.

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Membumikan toleransi melalui Kurikulum Cinta bukan sekadar pilihan, melainkan keniscayaan di tengah arus perpecahan dan intoleransi. Nilai kasih sayang yang ditanamkan dalam kurikulum dapat menjadi fondasi kuat untuk membentuk masyarakat yang harmonis dan saling menghargai. Beberapa Tugas kita sebagai insan Pendidik diantaranya:  1) Terapkan pembelajaran kontekstual berbasis nilai-nilai kemanusiaan; 2) Dorong integrasi antara P5PRA, ekoteologi, dan Kurikulum Cinta dalam setiap level pembelajaran; 3) Jadikan sekolah sebagai laboratorium toleransi dan cinta kasih.

Semoga khutbah ini menjadi pelecut semangat untuk menjadikan pendidikan sebagai ladang cinta, bukan ajang perbedaan. Karena cinta yang tulus, sebagaimana cinta Tuhan kepada makhluk-Nya, selalu mengandung toleransi dan penghargaan atas keberagaman. Wallahu a’lam bis shawab.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah Kedua

 الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ، اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيهِ بِنَفْسِهِ، وَثَنَّى بِمَلَائِكَتِهِ بِقُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالَى: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

اللَّهُمَّ ارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ، أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِينَ، وَعَنِ التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اللَّهُمَّ ارْحَمْ مَوْتَانَا، وَاشْفِ مَرْضَانَا، وَعَافِ مُبْتَلَانَا، وَاقْضِ الدَّيْنَ عَنْ مَدِينِينَا، وَارْحَمْ ضَعْفَنَا يَا قَوِيُّ.

اللَّهُمَّ انْصُرِ الْإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَأَعْلِ كَلِمَةَ الْحَقِّ وَالدِّينِ. اللَّهُمَّ آمِنَّا فِي أَوْطَانِنَا، وَأَصْلِحْ أَئِمَّتَنَا وَوُلَاةَ أُمُورِنَا، وَاجْعَلْهُمْ هُدَاةً مُهْتَدِينَ.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى. اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى، وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *