Profil Prof. Dr. H. Ahmad. Rusdiana, Drs., MM. 27 September 2023

Prof. Dr. H. Ahmad Rusdiana, Drs., MM.

Rabu 27 September 2023 (2 Tahun mengabdi Sebagai Guru Besar)

Prof. Dr. H. Ahmad Rusdiana, Drs., MM.: Lahir di Puhun Ciamis, tanggal 21 April 1961, merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara pasangan Bapak Sukarta (Alm), dengan Ibu Junirah. (Alm) Sejak kecil mengikuti orang tua di Dusun Puhun Desa Cinyasag Kec. Panawangan Kab. Ciamis. Alamat Rumah: Kompleks Perguan Islam Al-Mishbah Cipadung Jalan Ds. Cipadung No. 23 Cibiru Bandung Telp./Fax: 022-7803172/ 022. 7810835; Alamat e-mail: rudiana61@gmail.com/rusdiana@uinsgd.ac.id/web: http://arusdian.id/2020/03/28/biograf.  Tamat Sekolah Dasar di SD Cinyasag I, tahun 1975. Madrasah Tsanawiyah di Panawangan Ciamis lulus tahun 1979, Madrasah Aliyah Bandung lulus 1982, S-1, Jurusan Dakwah Fakutas Ushuluddin IAIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 1987, S-2 Magister Manajemen Institut Manajemen Indonesia Jakarta lulus tahun 2002. dan menyelesaikan S-3 Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Islam Nusantara Bandung, lulus tahun 2012, dengan Disertasi “Implentasi Kebijakan WASDALBIN Menuju Akuntabilitas Perguruan Tinggi. Penyelesaian Studi S1- S2-S3 dilakukan semasa berstaus Tenaga administrasi/tenaga kependidikan: Mula diangkat sebagai Calon Pegawai (CAPEG) 3 Februari 1986. Menjadi PNS tahun 1987 sekaligus penyesuaian Izajah S-1.

Sesuai dengan moto hidupnya “belajar dan mengabdi”, Ia mengabdi sebagai Dosen Manajemen Pendidikan pada Fak. Tarbiyah dan Keguruan dan Pascasarjana UIN Bandung. Jabatan Guru Besar Ilmu Manajemen Pendidikan pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sejak 27 September 2021. SK Mediknas Nomor 66004/MPK.A/KP.05.01/2021 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik/ Fungsional Dosen, TMT 1 September 2021. Baca Juga: https://www.yudidarma.id/2021/09/sosok-prof-dr-ha-rusdiana-mm-guru-besar.html. Pada tanggal 1 April 2022 berpangkat Guru Besar Pembima Utama Madya IV/d. berdasar Surat Keputusan Presiden RI Nomor 00003/KEP/AA/15001/22. Tanggal 24 Februari 2022. (terlampir).

Pengalam Tendik, Jabatan Struktural dan Mutasi Ke Dosen; Mulai diangkat sebagai Calon Pegawai (CAPEG) 3 Februari 1986. Kasubag RT Bag. Umum IAIN SGD Bandung 1987 s/d 1989, Kasubag TU. Bag. Umum IAIN SGD Bandung 1989 s/d 1992. Bendaharawan Proyek PPTA/IAIN SGD Bandung 1992 s/d 1993; Pemimpin Proyek OECF/PPTA IAIN SGD Bandung 1994 s/d 1995;  Kasubag RT Bag. Umum IAIN SGD Bandung 1992 s/d 1996; TU Redaksi Jurnal MIMBAR STUDI IAIN SGD 1989 s/d 1995;  Kapala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Biro A2 KPSI IAIN SGD Bandung 1996 s/d 1999;  Kepala Bagian Akademik Biro A2 KPSI IAIN SGD Bandung 1999 s/d 2004; Kepala Bag. Bina Aministtrasi; PTAIS/IAIN Bandung Biro A2 KPSI IAIN SGD/ Kopertais Wilayah II Jabar-Banten 2004 s/d 2006; Kepala Bag TU Fakultas Sain dan Teknologi UIN SGD 2006 s/d 2012 Redaktur Pelaksana Jurnal ISTEK Fak. Sains dan Teknolog 2007 s/d 2011;  Mutasi dari Tendik ke Dosen Fakultas Sain dan Teknologi UIN SGD 1 Sep 2012. mendapat tugas tambahan:  sebagai Sekretris Sistem Pengawasan Internal UIN Sunan Gunung Jati Bandung 3 Januari – Nop 2014; Asesor BKD Manajemen UIN Sunan Gunung Jati Bandung 2 Sept 2014 sd. Sekarang;  Sekretris Balai Pengobatan UIN Sunan Gunung Jati Bandung (17 Nop 2014 – 30 Des 2015); Bidang Ahli Jurnal dan Web Kopertais Wil II Jabar-Banten (30 Des 2015 sd, Des 2019);  Keua Redaktur Jurnal I‘tibar Kopertais Wil II Jabar-Banten (25 Ferbraari 2016- Desember 2019) Dewan Editor Jurnal As-Salam  STAI Yamisa Soreang  (Pebruari 2018-sd Sekarang) Dewan Editor Jurnal Managemem Pendidikan  ISMAPI (Mei 2019-sd Sekarang). Dewan Editor Jurnal Managemem Pendidikan At-Tarbawi UIN SMH Banten (Juli, 2020 sd sekarang)  Dosen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam  S1 Fakultas Tarbiyah&Keguruan UIN SGD 5 April 2017-Sekarang Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam  S2 Program Pascasarjana UIN SGD 5 April 2018-Sekarang. April 2017 mutasi dosen ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tahun 2019 berstatu Hoombas di Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  Mata kuliah yang diampu dalam 3 tahun terakhir:  Mengajar di S1- Manajemen Perkantoran, Kebijakan Pendidikan; Etika Komunikasi Organisasi; Ilmu Akhlak, Manajemen Pendidikan Diniyah; Mengajar/membimbing S2-S3; Pascasarjana: Manajemen Organisasi Lembaga; Pendidikan; Manajemen Pembiayaan Pendidikan; Sister Informasi Manajemen Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan. Sitem Infomasi Manajemen Pendidikan.

Karya Tulis Ilmiah: Sampai saat ini, telah menulis buku ajar: Pengantar Manajemen (Tresna Bhakti, 2002), Manajemen SDM (Tresna Bhakti, 2007), Ilmu Sosisl dan Budaya Dasar (Tresna Bhakti, 2008), Pendidikan Kewarganegaraan (Tresna Bhakti, 2009), Sosiologi Pendidikan (BatiC 2010), Antropologi Pendidikan (BatiC 2011); Kebijakan Pendidikan (Lemlit UIN SGD, 20014); Organisasi Lembaga Pendidikan (PPs. UIN SGD, 2015); Manajemen Kantor (Lemlit UIN SGD, 2016). Manjemen Kewirausahaan (UHS, 2017). Filsafat Ilmu (Lemlit UIN SGD, 2018). Menulis Buku teks: Dasar-Dasar Manajemen (Pustaka Tresna Bhakti Bandung, 2002); Manjemen Sumber Daya Manusia (Pustaka Tresna Bhakti, 2008); Manjemen Sumber Daya Manusia (Arsad Bandung, 2012); Manajemen Kewirausahaan Kontemporer (Arsad, 2012); Pendidikan Kewirausahaan (Insan Komunika Bandung, 2012); Membagun Desa Peradaban Berbasis Pendidikan (Insan Komunika Bandung, 2012); Manajemen Kurikulum (Arsad Bandung, 2013); Manajemen Keuangan Sekolah (Arsad Bandung, 2013); Konsep Inovasi Pendidikan (Bandung, 2014); Kewiarausahaan (Pustaka Setia, 2014); Manajemen Perkantoran Modern (Insan Komunika, 2014); Asas-asas Manajemen berwawasan Global (Pustaka Setia, 2014); Sistem Informasi Manajemen (Pustaka Setia, 2014); Manajemen Operasi (Pustaka Setia, 2014); Pendidikan Nilai (Pustaka Setia, 2014); Kebijakan Pendidikan (Pustaka Setia, 2015); Pendidikan Multikultural (Pustaka Setia, 2015); Evaluasi Pemebelajaran (Pustaka Setia, 2015); Manajemen Konflik (Pustaka Setia, 2015); Pengelolaan Pendidikan (Pustaka Setia, 2015); Pendidikan Profesi Keguruan (Pustaka Setia, 2015); Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Pustaka Setia, 2015). Manajemen Perubahan (Pustaka Setia, 2016); Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan (Pustaka Setia, 2016); Sistem Pemikiran Manajemen Pendidikan (Pustaka Setia, 2017); Komunikasi Informasi Teknologi Pendidikan (Pustaka Setia, 2017); Manajemen Evaluasi Program Pendidikan (Pustaka Setia, 2017); Auditing Syari’ah (Pustaka Setia, 2018). Pengembangan Perencanaan Program Pendidikan (Pustaka Setia, 2019).  Manajemen Pendidikan Karakter (Pustaka Setia, 2019). Manajemen Pengembangan Human Capital (Yarama Widya, 2020); Manajemen Mutu terpadu (Yarama Widya, 2021). Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer (Darul Hikam Bandung 2022); Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Putaka Setia Bandung 2022).

Melakukan Penelitian: Strategi Pengembangan IAIN Bandung (Tesesis) (2002); Profil Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung. (Studi Analisis tentang Latar belakang Fotensi, Model Motivasi Pengembangan Diri Mahasiswa). (2009); Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M) (Penelitian di MTs Al-Mishbah Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung) (2010); Strategi Akselerasi peningkatan Mutu Jurusan/Program Studi di Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung. (2011); Implementasi Kebijakan WASDALBIN menuju akuntablitas PT. (Disertasi) (2012); Pemberdayaan Perempuan Melelui Pelatihan Keterampilan Wirausaha Produk Beras Ketan (di Desa Cinyasag Kec. Panawangan Kab. Ciamis). (2012); Studi Evaluatif Pembelajaran MK Ke-Islaman di Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD.(2013); Pemberdayaan Masyarakat Melalalui Kelompok Balajar Usaha (KBU) Di Pusat Kediatan Balajar Masyarakat Tresna Bhakti Ds. Cinyasag Kec. Panawangan Kab. Ciamis (2013); Penerapan Pendidikan Karakter melalui pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenagkan (PAKEM) di MTs. Al-Mishbah Cipadung Bandung. (2014); Perubahan Perilaku Sosial Keagamaan di Desa Cinysag Kec. Panawangan Kab. Ciamis, (2015); Implementasi Kebijakan EMIS, menuju Akuntabilitas PTKIS Jabar-Banten (2016); Peran Pimpinan PTKIS dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum KKNI, menuju Akuntabilitas Peguruan Tinggi (2017).; Kesiapan PTKIS dalam Mendukung Implementasi Kebijakan SKPI (2018). Kesiapan Manajemen Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten (2019). Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. (Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat) (2020). Manajemen Pengembangan Human Capital  Tenaga Kependidikan Menuju Perguruan Tinggi Unggul, 2021); Manajemen Pemasaran Pendidikan TinggiMenuju Keunggulan Kompetitif Globalisasi Pendidikan (2022).

Menulis Jurnal: tidak kurang dari 37 Jurnal; 21 jurnal  Nasional dan 16 Jurnal internasional. Jurnal Nasional: (1) Fungsi Masjid dan Manajemen Dakwah“Mimbar Studi” IAIN SGD Bandung No. 45-45/XIV Tahun 1992; Jurnal pertama ini dengan Bimbingan Prof. Darun Setiadi, M.Si (alm). (2) Strategi Pengembangan Profesional Dosen “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.I.No.1 Tahun 2007; (3) Manajemen Pembangunan Berwawasan Lingkungan: Alternatif Pembelajaran; Masyarakat “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.III.No.3-4 Tahun 2008; (3)Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK“ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.II. No.1-2 Tahun 2009; (4) Mengembangkan Manajemen Program Studi yang Berkualitas dan Akuntabel “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.IV. No.1-2 Tahun 2010; (5)Kepemimpinan Pendidikan untuk Sekolah/ Madrasah ”Mimbar Studi” UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. XXXV/Nomor 1/ Januari-Juni 2011; (6) Strategi Meningkatkan Mutu Perguruan Tingi di PTAIS ”Mimbar Studi” UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. XXXV/Nomor 2/ Juli-Desember 2011; (7) Pemutakhiran Kurikulum Di Perguruan Tinggi Agama Islam “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.VI. No.1-2 Tahun 2012; (8) Konsep Total Quality management Dan Service Quality Dalam Pengembaangan Pendidikan Tinggi Islam (Sebuah Konsep Pengembangan TQM Dan SQ Untuk Fakultas Sains dan Teknologi)“ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.VII.No.1-2 Tahun 2013; (9) Implementasi Kebijakan WASDALBIN menuju Akuntabilas PT Jurnal Nasional Terakreditasi “MEDIA PENDIDIKAN”Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Vol.XXVIII.No.3 Tahun 2013.TA-B (10) Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.VIII.No.2 Tahun 2014; (11) Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan yag Bertanggung Jawab “ISTEK” Fak. Sains dan Teknologi UIN SGD Vol.IX.No.1 tahun 2015; (13)Implementasi Kebijakan EMIS, menuju Akuntabilitas PTKIS ”I’TIBAR” Kopertais Wil II Jabar­Banten Vol.4.No. 7 Nop 2016; (14)Pemikiran Yusuf Qardhawi Tentang Islam Dan Demokrasi ”I’TIBAR” Kopertais Wil II Jabar­Banten Vol.5.No. 9 Nop 2016; (15) Pemikiran Ahmad Tafsir tentang Manajemenen Pembentuk Insan Kamil “At-Tarbawi” IAIN Surakarta Vol. 2, No 2 2017 (Sinta 3). (16) Studi Evaluatif Pembelajaran Mata Kuliah Ke-Islaman Di Jur Teknik Informatika ”I’TIBAR” Kopertais Wil II Jabar­Banten Vol.5.No. 10 . Mei 2018; (17) The Implementation Of National Standard-Based Curriculum In Private Islamic Higher Education: Leadership Impact Jurnal Nasional Terakreditasi Jurnal Pendidikan Islam Vol IV/No 1 Juni 2018  (Sinta 2) jurnal ini menjadi prasayarat kenaikan pangkat Lektor Kepala IV/c, (18) Manajemen Resulosi Konflik: Sebuah Tawaran Dalamislam Jurnal EDUCATINEM Volume 01, Nomor 01, Tahun 2019/1440 /Januari 2019; (19) Relevance Of Islamic Human Resources Management Through Modern Management”I’TIBAR” Kopertais Wil II Jabar­Banten Vol. 6.No. 12 . Mei 2019; (20) Humans As Subjects In Diversity Education (Utama) Jurnal I’TIBAR ISSN. P-2354-595X/E-2615-5117. Vol. 07, No.13, (Nopember 2019). hlm 29-36. https://ojs. kopertais02. or.id/ index.php/ itibar; (21)  Manajemen Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19: Studi pada MAN 2 Kota Bandung. Menata Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, IV (1). pp. 97-11. ISSN 977-2615-254004.

Jurnal Internsional: (1) “Utilizing Community through Developing the Center of Community’s Learning Activity (CCLA) in the Rural Area”, Publisher: Asian Economic and Social Society ISSN (P): 2304-1455, ISSN (E): 2224-4433 Volume 2 No. 4 December 2012; Menulis junal Internasional pertama ini atas Bimbingan Prof. Dr. H. Moh. Subandi, Drs. MP. semasa menjabat Dekan Fakuttas Saintek; (2) Readiness of Private Islamic Religious Universities in Supporting Policy Implementation for the Regulation of the Ministry of Religious Affairs of the Republic ofIndonesia Number 1 of 2016. Jurnal Internasional Terindeks Scopus + ID. Scopus.  The Journal of Social Sciences Research ISSN (e): 2411-9458, ISSN (p): 24 13-6670 Vol. 5, Issue. 1, pp: 166-171, Feb-2019. (Q-3); (3) The Effect Of Basic Earning Power And Earning After Tax On Stock Prices In Registered Companies In Indonesia Sharia Stock Index (Study In Pt. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk Period 2006-2017) (Bertiga/Kedua) ARCTIC Journal, ISSN: 0004-0843, Tahun 2019, Penerbit American Society of Mechanical Engineers,  1-15 (4) Analysis of Management Readiness of Higher Education Accreditation (Berdua/ Utama) The Journal of Social Sciences Research ISSN (e): 2411-9458, ISSN (p): 2413-6670 Vol.  5, Issue. 12  (December 2019), pp: 166-171 2019 URL: https: //arpgweb. com/journal/journal/7 https://www. Arctic journal. org/index.html. (Q-3); (5) Andrew Mayo’s Human Capital Approach Model In The Management Of More Productive Human Resources In Private Islamic Higher Education (Berdua/Utama) International Journal of Publication and Social Studies ISSN (p): 2520-4483 DOI: 10.18488/journal. 135.2019.42.132.142 Vol. 4, No. 2, 132-142.  © 2019 AESS Publications. All Rights Reserved. (Q-3); (6) Management of integration of value and entrepreneurs education in indonesia (Multicultural Economic Review) (Besama/ Utama) International Journal of Publication and Social Studies ISSN (e): 2224-4441 ISSN(p): 2226-5139 10,No.1, 51-62. 7 Januari 2020 DOI: 10.18488/ journal. 1.2020.101.51.62. URL: www.aessweb. (Q-3) (7) Analysis Of Relationship Between Education Costs And Economic Growth Using The Granger Causality Approach (Besama/Utama) ARCTIC Journal, Vol. 73 No. 3, Tahun 2020, American Society of Mechanical Engineers, hal.17-31 (Q-1); (8) The Relationship Between Socioeconomic Status And Consumption Pattern Of Fishermen Household In Indonesia (Bersama Utama) Asian Journal of Agriculture and Rural Development (AJARD). Vol. 10 (1)2020 with video and HTML version. http://www.aessweb.com/ journals/ June2020/5005/4903. (Q-3); (9) The Impact Of Minimum Wage Province To Economic Growth (Study in Sumedang Regency, West Java Province Indonesia) (Besama/Kedua) ARCTIC Journal, American Society of Mechanical Engineers, Vol. 73 No. 3, (Maret 2020), hal.17-31 (Q-1); (10) CMS Word Press-Based Curriculum Management Information System ofPrivate Islamic College (Bersama/Utama) International Journal of Advanced Science and Technology ISSN: 2005-4238 IJAST Copyright 2019 SERSC Vol. 29, No. 03, (Maret 2020), pp. 7716 – 7728. Q-3; (11) POE2WE Learning Management Based on Google Classroom Blended Learning: (Alternative Models in Learning during WFH Pandemic Covid-19) (Bersama/Utama) International Journal of Psychosocial Rehabilitation, ISSN: 1475-7192 Vol. 24, Issue 08, (Mei 2020)  (Q-4); Received: 27 Feb 2020  Revised: 20 Mar 2020  Accepted: 30 Apr 2020; (12) Management of Student Entrepreneurship Development at the West Java-Indonesia Private Islamic College (Bersama/Utama) International Journal of Higher Education ISSN 1927-6044 E-ISSN 1927-6052 Vol. 9, No. 6; 2020. Published: (October 14, 2020), (Q-4). doi:10.5430/ijhe.v9n6p286 URL: https://doi.org/ 10.5430/ijhe.v9n6p286’ (13) The Effectiveness of Educational Supervision in Increasing the Teacher’s Professional Competence in the Covid-19 Pandemic Period. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Volume 14, Issue 5, 2020) Q-2 https://www.ijicc.net/images/ Vol_14/Iss_5/14556_ Rusdiana_2020_E_R.pdf (14) Implementation of Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) method for selecting diplomats. Rusdiana, A. and Taufik, Ichsan and Nurul Alam, Cecep and Uriawan, Wisnu (2021) IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098 (3). pp. 1-7. ISSN 1757-8981. (15) Strengthening Teacher’s Work Ethic in Learning Through Academic Supervision Activities during the COVID-19 Pandemic Period in Sociology and Management Perspectives: K-1 Aep Saepuloh K-2 Ahmad Rusdiana UIN Sunan Gunung Djati,Bandung, Indonesia International Journal of Science and Society, 3(4), 177-185. http://ijsoc.goacademica.com/index.php /ijsoc/article/view/403 https://doi.org/10.54783 /ijsoc.v3i4.403 Published:2021-12-17 (16) Human Capital Management of Educational Officers Toward Excellent Universitie. https://www.ijicc.net/images/Vol_16/Iss1/16143_Rusdiana_2022_E_R.pdf, (17) Evaluative Study of Distance learning Policy during the Covid-19 Pandemic International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net  Volume 16, Issue 2, 2022. (Sejumlah karya Ilmiah di atas dapat diakses melalui laman: http://digilib.uinsgd.ac.id/ view/ creators/ Rusdiana =3AA =2E=3A=3A.default.html).

Tahun 2023 Menulis Materi Pembinaan di Berita Disik Jawa Barat:

Jilid I: Korespondensi Jilid I Musibah Yang Menggairahkan Januari 2023 di beritadisdik Berawal dari Musibah Yang Mengairahkan Ide Gagasan Ustad Asep Saefulmimbar di WAG Komunitas 7 Januari 2023 Link Judul publis

http://beritadisdik.com/news/kaji/musibah-yang-menggairahkan

http://beritadisdik.com/news/nalar/sudahkah–kita-memiliki-passion-dalam-hidup-

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-cara-menemukan-passion-bagi-diri-sendiri

http://beritadisdik.com/news/kaji/bedakan-passion-vs-hobi–mana-yang-lebih-penting-untuk-karier-

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-cara-membangun-passion-dalam-diri-sendiri–

http://beritadisdik.com/news/kaji/masih-mau-jadi-manusia-biasa–manfaatkan-passion-yang-luar-biasa

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-entrepreneurial-passion

http://beritadisdik.com/news/nalar/bagaimana-membangun-passion-capital–untuk-mencapai-kinerja-a-b-c-d

http://beritadisdik.com/news/kaji/work-passion-modalitas-untuk-peningkatan-kinerja

http://beritadisdik.com/news/kaji/seberapa-penting-entrepreneurial-passion-bagi-manajer-kewirausahaan-

http://beritadisdik.com/news/cerdas/enam-langkah-untuk-menemukan-gairah-kerja–membantu-para-manajer-kewirausahaan

http://beritadisdik.com/news/kaji/pengembangan-kompetensi-kewirausahaan-menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah

http://beritadisdik.com/news/kaji/4-prioritas-pembinaan-naluri-kewirausahaan–menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah–

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembinaan-sikap-mental-kewirausahaan–menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembinaan-sikap-kepimpinan–menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembinaan-ke-tata-laksanaan-kweirausahaan–menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembinaan-keterampilan-kewirausahaan–menuju-entrepreneurial-passion-di-sekolah-madrasah

http://beritadisdik.com/news/kaji/ingin-jadi-manajer-kewirausahaan–sukses-

http://beritadisdik.com/news/kaji/tenacity–karakteristik-motivasi-wirausaha-yang-terlupakan

http://beritadisdik.com/news/kaji/tidak-ragu-mengambil-langkah-pertama–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan-sukses–

http://beritadisdik.com/news/kaji/tidak-meratapi-kegagalan–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses–

http://beritadisdik.com/news/kaji/memahami-produk-serta-sasarannya–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses–

http://beritadisdik.com/news/nalar/tidak-ragu-menjalin-hubungan-berinteraksi-dengan-komununikasi—kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses–

http://beritadisdik.com/news/cerdas/selalu-belajar-dan-mencari-celah-pemasaran–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses—–

http://beritadisdik.com/news/kaji/bersikap-baik-dan-mendukung-komunitas–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses—–

http://beritadisdik.com/news/kaji/terlewat-pandai-memanfaatkan-tren-dan-fasilitas-terkini–kompetensi-menuju-manajer-kewirausahaan–sukses—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-dunia-volatility–uncertainty–complexity–ambiguity–vuca—solusi-untuk-menghadapi-tantangan-yang-penuh-kontradiksi-dan-ketidakpastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/tantangan-dan-risiko-mengahadapi-vuca–yang-bergejolak–tidak-pasti–kompleks–dan-ambigu–

http://beritadisdik.com/news/kaji/peluang-menjalani-ketegangan-vuca–yang-bergejolak–tidak-pasti–kompleks–dan-ambigu–

http://beritadisdik.com/news/kaji/menangkal-vuca-dengan-vuca—-ide-peluang-untuk-beradaptasi-di-tengah-badai-vuca-yang-menerjang-situasi-sekarang–

http://beritadisdik.com/news/kaji/agile-leadership–alternatif-pemimpin-ideal-di-masa-vuca

http://beritadisdik.com/news/kaji/innovation-management-strategy-map-template–imsm—peluang-alternatif-menuju-keunggulan-bersaing-dan-keberlanjutan-organisasi-di-era-vuca—–

http://beritadisdik.com/news/kaji/manajemen-keragaman–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetitif-di-dunia-yang-penuh-tantangan–kontradiksi-dan-ketidakpastian—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/kepemimpinan-yang-kuat–wujudkan-impian-besar-dengan-bekerja-sama–the-dream-team–di-era-ketidakpastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/menilai-situasi–assess-the-situation—peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetitif-di-era-yang-penuh-tantangan–kontradiksi-dan-ketidakpastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengubah-budaya-dan-sistem-manajemen–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetitif-di-era-yang-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/evalusi-program-keberagaman–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetitif-di-era-yang-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/membumikan-hikmah-isrami—raj-peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetitif-di-era-yang-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-impian–the-dream-team—menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses–menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian–

http://beritadisdik.com/news/kaji/pendidikan-multibahasa–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian—

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-grpi—peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-katzenbach-dan-smith–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-t7–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian—

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-la-fasto-dan-larson–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidakpastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-patrick-lencioni–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-hackman–peluang-alternatif-menuju-keunggulan-kompetetitif-di-era-penuh-tantangan-dan-ketidak-pastian

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-tim-sukses-dengan-model-ibda—binafsik–solusi-praktis-mengatasi-mengatasi-krisis-multi-dimensional-menuju-keunggulan-kompetetitif—

http://beritadisdik.com/news/kaji/strategi-kepemimpinan-pendidikan-ditengah-probelama-vuca-dengan-vuca-prime–vp—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/atasi-volatility–ketidakpastian–dengan-visi

http://beritadisdik.com/news/kaji/atasi–uncertainty–ketidakpastian–dengan-understanding—–pemahaman-

http://beritadisdik.com/news/kaji/strategi-mengatasi—–kompleksitas—–complexity—–dengan—-kejelasan—–clarity—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/strategi-mengatasi-ambiguity–ketidak-jelasan–dengan—-agility—–kelincahan—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/membentuk-kader-pemimpin-futuristik

http://beritadisdik.com/news/kaji/kepemimpinan-ideal-dalam-pandangan-raja-ali-haji–

http://beritadisdik.com/news/kaji/syarat-pemimpin-dalam-persefetif-raja-ali-haji

http://beritadisdik.com/news/kaji/konsep-pemimpin-dan-etika-kekuasaan-dalam-persepektif-raja-ali-kelana

http://beritadisdik.com/news/kaji/lima-pilar-kepemimpinan-abad-21

http://beritadisdik.com/news/kaji/kekuasaan-modalitas-kepemimpinan-abad-21–antara-kekuatan-dan-ancaman-bagi-organisasi

http://beritadisdik.com/news/kaji/kompetensi-modalitas-kepemimpinan-abad-21—antara-kekuatan–peluang-dan-tantangan-bagi-organisasi

http://beritadisdik.com/news/kaji/kredibilitas–credibility–modalitas-kepemimpinan-abad-21–antara-kekuatan–peluang-dan-tantangan-bagi-organisasi

http://beritadisdik.com/news/kaji/—kemauan-dan-semangat-modalitas-kepemimpinan-abad-21–antara-kekuatan–peluang-dan-tantangan-bagi-organisasi—–

http://beritadisdik.com/news/kaji/keberanian-modalitas-kepemimpinan-abad-21–antara-kekuatan–peluang–dan-tantangan-bagi-organisasi—

http://beritadisdik.com/news/kaji/mph—alternatif-pola-kepemimpinan-indonesia-kedepan

http://beritadisdik.com/news/kaji/sambut-pemimpin-merakyat

http://beritadisdik.com/news/kaji/merindukan-pemimpin-yang-profesional

http://beritadisdik.com/news/kaji/merindukan-peminpin-yang-humasis

Jilid II: PENGABIAN RAMADHAN 1444 H Jilid II  RUSDIANA MENGABDI 21 Maret sd. 27 April 2023

No. Link 38 Judul

http://beritadisdik.com/news/kaji/sambut-bulan-suci-ramadhan-dengan-persiapan

http://beritadisdik.com/news/kaji/persiapkan-ramadhan-dengan-ilmu–agar-puasa-tidak-hanya-mendapat-lapar-dan-haus

http://beritadisdik.com/news/kaji/seberapa-penting-manajemen-puasa-ramadhan-

http://beritadisdik.com/news/kaji/lebih-dekat-dengan-manajemen-ramadhan-ala-rasulullah

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pengendalian-diri–mampu-mengharmonikan-kondisi-lahir-dan-batin

http://beritadisdik.com/news/kaji/kenali-nama-nama-lain-bulan-ramadhan——

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-tiga-fase-yang-dilalui-selama-bulan-ramadhan

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-latihan–bag–i—-makna-tarbiyah-di-bulan-ramadhan

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-ii—konsep-pendidikan-dari-q-s–al–alaq

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–iii—keutamaan-thalabul-ilmi–menuntut-ilmu-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–iv—menjadi-peserta-didik-ramadhan-yang-sukses

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–v—mendidik-manusia-agar-menjadi-jurur–selalu-meningkatkan-ilmu-pengetahuan-dan-meningkatkan-amal-ibadah

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–vi—mendidik-manusia-agar-mampu-mengendalikan-hawa-nafsunya

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–vii—puasa-ramadhan-ala-al-ghazali–menuju-maghfiroh-allah-swt—

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-viii—puasa-pendidikan-berdiferensiasi-menuju-magfirah-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-ix—bulan-yang-penuh-pendidikan-karakter-menuju-magfirah-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–x—-puasa-mendidik-kecerdasasan-manusia-menuju-magfirah-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-xi—puasa-ramadhan-sebagai-upaya-peningkatan-kecerdasan-emotional-dan-spiritual-quotient-menuju-magfirah-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xii—telaah-ibadah-puasa-sebagai-upaya-menyeimbangkan-antara-emotional-dan-spiritual-quotient–esq—menuju-magfirah-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xiii—-belajar-dari-malam-nuzulul-qur—an-menjadi-pribadi-pembelajar-menuju-magfirah-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xiv—-mengambil-hikmah-pembelajaran-dari-peringatan-nuzulul-quran–menuju-magfirah-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xv—-puasa-ramadan-momentum-pembinaan-umat-muslim-menuju-magfirah-allah-swt—

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xvi—mengambil–hikmah-pembelajaran-dari-sepuluh-hari-terakhir-bulan-ramadan-mengharap-berkah-dan-ampunan-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-xvii—puasa-ramadhan-mengajarkan-untuk-menjaga-kesatuan-umat–menuju-magfirah-dan-ampunan-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xviii—puasa-ramadhan-mendidik-dan-memajukan-masyarakat-berperadaban–menuju-magfirah-dan-ampunan-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xix—puasa-ramahdan-wahana-peningkatan-disiplin-dan-etos-kerja-menuju-magfirah-dan-ampunan-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xx—puasa-ramahdan-wahana-penataan-iman–akhlaq–moral–menuju-ridha–magfirah-dan-ampunan-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag-xxi—puasa-ramahdan-hadir-untuk-menata-hati–menuju-keridhoan–magfirah-ampunan-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xxii—belajar-dari-keberkahan-ramadan–ampunan-allah-yang-tiada-batas

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xxiii—puasa-ramadhan-momentum-melakukan-reorientasi-hidup–menuju-keberhakan-dan-ampunan-allah-swt

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xxiv—mengambil-hikmah-pelajaran-dari-keutamaan-zakat-fitrah–menuju-kebahagiaan-muslim-secara-menyeluruh—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/ramadhan-bulan-pendikan-dan-pelatihan–bag–xxv—selamat-jalan–pendidikan-gratis-dan-berkualitas–menuju-kebahagiaan-dunia-dan-akhirat

http://beritadisdik.com/news/kaji/makna-hari-raya-idul-fitri-merupakan-limpahan-rahmat-bagi-umat-islam

http://beritadisdik.com/news/kaji/menyingkap-makna-silaturahmi-idul-fitri

http://beritadisdik.com/news/kaji/syawal-bulan-kemenangan–momentum-untuk-memperkokoh-amal-guna-meningkatkan-keimanan-dan-ketakwaan-kepada-allah-swt—

http://beritadisdik.com/news/kaji/syawal-bulan-penuh-keceriaan-bagi-umat-muslim

http://beritadisdik.com/news/kaji/menyingkap-makna-halalbihalal

http://beritadisdik.com/news/kaji/spririt-halal-bihalal-memupuk-etos-kerja-untuk-meraih-ridha-allah-swt-

http://beritadisdik.com/news/kaji/halal-bihalal-momentum-mengeratkan-kohesi-sosial-dan-memperkuat-moderasi

Jilid III: MEI Bulan Pendidikan PROGRAM PENGABDIAN DI MO BERITADISKIK MEI 2023 M/SYAWAL 1444 H Berawal dari SPRIRIT HALAL BIHALAL MEMUPUK ETOS KERJA UNTUK MERAIH RIDHA ALLAH SWT, itu tema tulisan saya di Media Online 28 April 2023. Pertanyaannya tema apa-apa saja yang relevan dengan Motivasi Kerja pada saat ini…

SPRIRIT SYAWAL MENJUNJUNG ETOS KERJA UNTUK MERAIH RIDHA ALLAH

http://beritadisdik.com/news/kaji/selamat-hari-pendidikan-nasional-tahun-2023

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengkhidmati-hari-pendidikan-nasional-menuju-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/kepemimpinan-transformatif–mendukung–bergerak-bersama-semarakkan-merdeka-belajar-

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-profesional–menjadi-penggerak-dalam-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-kesiapan-guru-dalam-menghadapi-inovasi-merdeka-belajar–

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembelajaran-berpusat-pada-siswa-tuntutan-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penguatan-pendidikan-karakter-di-era-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-strategi-pengembangan-profil-pelajar-pancasila-rahmatan-lil-alamin—

http://beritadisdik.com/news/kaji/optimalisasi-peran-bimbingan-konseling-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/pembelajaran-berbasis-proyek-kunci-sukses-implementasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/kinerja-guru-profesional-dalam-menerapkan-kurikulum-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/ada-apa-dengan-guru-hebat-di-era-merdeka-belajar-

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pengembangan-bahan-ajar-pada-era-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat–merawat-tradisi-riset-dan-budaya-litersi-sebagai-tuntutan-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat–mampu-beradaptasi-megidentifikasi-kebutuhan-peserta-didik

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat–mendorong-kemandirian-peserta-dididik-melalui-student-centered-learning—

http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-hut-ke–43-perpustakaan-nasional–optimalisasi-eksistensi-perpustakaan-sebagai-jantung-sekolah

http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-hari-buku-nasional2023–membaca-sebagai-jendela-dunia

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat–selalu-berpikir-inovatif–tidak-ada-aktifitas-pembelajaran-yang-dilakukannya-tanpa-hal-baru-yang-menyenangkan

http://beritadisdik.com/news/kaji/merawat-spirit-persatuan-dan-nasionalisme-bangsa

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat–selalu-melakukan-pengembangan-diri-melalui-ragam-pembelajaran–pikirkan-kebutuhan-peserta-didik–in-house-training-menjadi-solusinya—-

http://beritadisdik.com/news/kaji/empat-kompetensi-guru-wjib-dikembangkan-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/optimalisasi-penerapan-kompetensi-pedagogik-dalam-implemtasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/kompetensi-kepribadian-pendidik–mengembangkan-potensi-dan-kepribadian-peserta-didik-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/kompetensi-sosial-pendidik–sebuah-tuntutan-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-belajar–

http://beritadisdik.com/news/kaji/kompetensi-profesional-pendidik–sebuah-keniscayaan-dalam-pembelajaran-implemetasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengapa-pembelajaran-kolaboratif-diperlukan-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-

http://beritadisdik.com/news/unggul/refleksi-wisuda-ke-91-uin-sunan-gunung-djati-bandung–sabtu-27-mei-2023

Jilid IV: JUNI MENGABDI: KURIKULUM MERDEKA Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), adalah kurikulum baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2021. Tujuannya adalah memberikan kebebasan dan kemandirian kepada siswa dalam menentukan pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat masing masing. Tidak kurang dari 30 Materi mulai tgl 1 Juni berahkhir tgl 30

Juni ditutup dengan Refleksi spritit idul adha 1444. Barangkali menjadi bahan penguatan materi khususnya bagi Ibau/Bapak Guru yang sedang mengikuti PPG, Wallahu A’lam…..

Kunci Suksep Penerapan Kurikulum P5

http://beritadisdik.com/news/kaji/reflksi-peringatan-hari-lahir-pancasila-tahun-2023http://beritadisdik.com/news/kaji/spirit-peringatan-harlah-pancasila-2023–mempertegas-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila–http://beritadisdik.com/news/kaji/gaya-hidup-berkelanjutan–membangun-peradaban-dan-pertumbuhan-global–bagaimana-aplikasinya-http://beritadisdik.com/news/kaji/kearifan-lokal–membangun-peradaban-yang-inklusif-dan-berkelanjutan–bagaimana–pengembangannya-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penerapan-tema-bhinneka-tunggal-ika–pada-pembelajaran-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasilahttp://beritadisdik.com/news/kaji/tema-bangunlah-jiwa-dan-raganya–bagaimana-model-pengembangan-topiknya–http://beritadisdik.com/news/kaji/tema-suara-demokrasi–bagaimana-alur-pencapaian-targetnya-http://beritadisdik.com/news/kaji/projek-rekayasa-dan-teknologi–bagaimana-aktivitasnya-http://beritadisdik.com/news/kaji/tema-proyek-kewirausahaan–bagaimana-rangkaian-kegiatannya-http://beritadisdik.com/news/kaji/tema-kebekerjaan–bagaimana-pengembangannya-http://beritadisdik.com/news/kaji/apa-saja-model-pembelajaran-yang-tepat-untuk-implementasi-kurikulum-merdeka-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-model-pembelajaran-inovatif–bagaimana-cara-penerapannya-http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-model-pembelajaran-inkuiri-dan-kooperatif-di-era-kurikulum-merdekahttp://beritadisdik.com/news/kaji/kenali-model-pembelajaran-student-teams-achievement-divisions–stad—mengoptimalkan-proses-pembelajaran-dalam-era-kurikulum-merdekahttp://beritadisdik.com/news/kaji/kenali-model-pembelajaran-team-asisted-individualizati–tai—memberikan-kesempatan-kepada-siswa-untuk-belajar-secara-mandiri-dalam-menyelesaikan-masalahhttp://beritadisdik.com/news/kaji/kenali-model-cooperative-integrated-reading-and-composition–circ—untuk-membantu-para-siswa-mempelajari-kemampuan-memahami-bacaan-yang-dapat-diaplikasikan-secara-luashttp://beritadisdik.com/news/kaji/model–pembelajaran-kooperatif–jigsaw—meningkatkan-keterampilan-siswa-dalam-mendengarkan–berkomunikasi–dan-memecahkan-masalah-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-kooperatif-learning-together–lt—mendorong-siswa-untuk-meningkatkan-semangat-kerja-sama-mereka-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-group-to-group-exchange–gge—memberikan-kesempatan-kepada-siswa-untuk-berpikir-tentang-apa-yang-sudah-dipelajari-http://beritadisdik.com/news/kaji/model–pembelajaran-kooperatif–decision-making–meningkatkan-kemampuan-peserta-didik-untuk-bekerja-sama-antar-sesama-dalam-memilih-tindakan-tindakan-alternatif-untuk-memecahkan-permasalahan-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-kooperatif-tipe–studi-kasus–meningkatkan-aktivitas-belajar-dan-kemandirian-siswa-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-talking-chips–mendorong-pemerataan-kesempatan-dalam-pembagian-tugas-kelompok-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-penemuan–discovery-learning—-memberikan-kesempatan-kepada-siswa-untuk-belajar-secara-aktif-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-group-investigation–menuntut-para-siswa-untuk-memiliki-kemampuan-yang-baik-dalam-berkomunikasi-maupun-keterampilan-didalam-kelompok-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-penelitian-sosial–menumbuhkan-komitmen-terhadap-peningkatan-kualitas-siswa-sebagai-warga-negara-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-take-and-give–memotivai-siswa-untuk-aktif-membangun-pengetahuan-yang-akan-menjadi-miliknya-http://beritadisdik.com/news/kaji/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-script–mampu-meningkatkan-kemampuan-dan-hasil-belajar-siswa-http://beritadisdik.com/news/kaji/metode-belajar-flipped-classroom–memotivasi-siswa-untuk-berpikir-kritis–problem-solving–dan-mampu-mengambil-keputusan—-http://beritadisdik.com/news/kaji/metode-belajar-predict-observe-explain–poe—mengungkap-kemampuan-siswa-dalam-melakukan-prediksi-secara-individual–http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-spirit-iduladha-qurban-1444-h–miliki-semangat-untuk-terus-meningkatkan-kinerja-dan-memperbaiki-prestasi

Jilid V: JILID V JULI MENGADI: Tulisan ini, semula dijadikan Bahan Materi Penguatan Pada Perkuliahan Lokakarya Review Perangkat Pembelajaran dan PTK-PPG dalam jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI-LPTK Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tahun 2023. 29 Materi dipublis sejak tanggal 2  sd 31 Juli 2023 di MO beritadisdik Jabar http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-jauh-apa-itu-capaian-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka—

Mendekat dg Kurikulum Poerasional

http://beritadisdik.com/news/kaji/merumuskan-tujuan-pembelajaran-dengan-model-abcd

http://beritadisdik.com/news/kaji/penyusunan-alur-tujuan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka-tugas-siapa-

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-prinsip-penyusunan-alur-tujuan-pembelajaran

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-media-pembelajaran

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengembagkan-media-pembelajaran-yang-tepat

http://beritadisdik.com/news/kaji/kunci-sukses-pengembangan-materi-ajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-hebat-di-era-digital-wajib-menguasai—-4-kemampuan–dalam-konteks-pembuatan-media-dan-bahan-ajar-belajar—

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-asesemen-awal-dalam-kurilum-merdeka–

http://beritadisdik.com/news/kaji/penyusunan-asesmen-kurikulum-merdeka–

http://beritadisdik.com/news/nalar/perencanaan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/-modul-ajar–untuk-membantu-mengarahkan-proses-pembelajaran-mencapai-capaian-pembelajaran

http://beritadisdik.com/news/kaji/desain-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-tangungjawab-siapa-

http://beritadisdik.com/news/kaji/pemilihan-tema-penguatan-profil-pelajar-pancasila

http://beritadisdik.com/news/kaji/penelitian-tindakan-kelas-untuk-apa-

http://beritadisdik.com/news/kaji/metode-peer-teaching-untuk-apa-

http://beritadisdik.com/news/kaji/seberapa-pentingkah-pertanyaan-pemantik-

http://beritadisdik.com/news/kaji/program-remedial-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/integrasi-media-pembelajaran-pada-kurikulum-merdeka–tantangan-dan-peluang-bagi-pengembangan-kompetensi-guru–

http://beritadisdik.com/news/kaji/seberapa-pentingkah-penilaian-autentik-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka–ikm–

http://beritadisdik.com/news/kaji/lebih-jauh-mengenal-perbedaan–karakteristik-dan-model-penilaian-autentik-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka–ikm-

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-pengembangan-penilaian-otentik-

http://beritadisdik.com/news/kaji/penilaian-autentik-dengan-model-penilaian-kinerja

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penilaian-autentik-wawancara-lisan

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penilaian-autentik-melalui-pertanyaan-terbuka

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penilaian-autentik-berbasis-portofolio

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penilaian-autentik-berbasis-proyek

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-penilaian-autentik-berbasis-penilaian-kinerja–sebagai-alternatif-untuk-mengukur-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-

Jilid VI: PENGEMBANGAN PROFESIONAL telah menjadi kosa kata umum dalam kehidupan sehari-hari, terlebih ditemukan dalam dunia pendidikan abad 21. Dikemas dalam Jlid VI berisi 30 tulisan. Dimulai publis tanggl 2 sampai 31 Agustus 2023: http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-guru-profesional- http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-profesi-pendidik–definisi-khusus-profesi-keguruan—

Ciri Guru Profesional

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-jenis-jenis-tenaga-kependidikan

http://beritadisdik.com/news/kaji/profesionalisme-guru–menagap-guru-sebagai-tenaga-pendidik-harus-profesional-

http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-kompetensi-guru-profesional

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-peranan-kopentensi-pedagogik-guru-

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-mengembangkan-kopentensi-kepribadian-guru-

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-strategi-pengembangan-kopentensi-profesional-guru

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-pelaksanaan-kopentensi-sosial-guru-

http://beritadisdik.com/news/kaji/bagai-mana-dengan-peran-guru-profesional-

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengukuhkan-peran-guru-sebagai-pelaksana-kurikulum-merdeka-belajar

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-dekat-guru-sebagai-perancang-pembelajaran-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-peringatan-hari-pramuka-ke-62

http://beritadisdik.com/news/kaji/lebih-dekat-dengan-peran-guru-sebagai-pengarah-pembelajaran-dalam-implemetasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/peranan-pendidik-profesional-dalam-mengisi-kemerdekaan-di-era-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-sebagai-pengelola-pembelajaran-dalam-implemetasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-sebagai-konselor-dalam-implemetasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/guru-sebagai-evaluator-dalam–implemetasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/pengembangan-profesionalitas-guru-berbasis-karakter—tuntutan-implentasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/model-model-etika-guru-profesional

http://beritadisdik.com/news/kaji/pengembangan-profesionalitas-keungulan-guru–sebuah-tuntutan-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka–ikm—

http://beritadisdik.com/news/kaji/profesionalitas-guru–passion-for-profesionalisme–tuntutan-implentasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/etika-profesionalitas-guru–tuntutan-implentasi-kurikulum-merdeka

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-guru-profesional–berwatak-paripurna-berbasis-keunggulan-karakter

http://beritadisdik.com/news/kaji/membangun-guru-profesional–dengan-pengembangan-keprofesian-berkelanjutan–pkb-

http://beritadisdik.com/news/kaji/mengingat-kembali-pengembangan-diri-dan-angka-kreditnya

http://beritadisdik.com/news/kaji/pentingnya-pengembangan-profesional-guru-melaui-publikasi-ilmiah

http://beritadisdik.com/news/kaji/pengembangan-profesional-guru-melalui-karya-inovatif

http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-pengembangan-profesional-guru-menuju-era-kurikulum-merdeka

Jilid VII: Tulisan ini, semula dijadikan penguatan Materi Keprofesian PPG dalam jabatan bagi Guru PAI-LPTK Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Batch II Tahun 2023. mulai 24 Agustus sd. 26 September 2023. Kalau memungkinkan dapat di publis di MO-beritadissdik.

Mendekat dengan Quote Wiliam Arthur Ward

http://beritadisdik.com/news/kaji/lebih-dekat-mengenal-fenomena-guru-tipe-mediocre-teacher—http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-tipe-guru-good-teacher–explains-http://beritadisdik.com/news/kaji/menggali-potensi-tipe-guru-superiorhttp://beritadisdik.com/news/kaji/karakter-great-teacher–melahirkan-siswa-yang-berkarakter-muliahttp://beritadisdik.com/news/kaji/generasi-z-tantangan-guru-abad-21http://beritadisdik.com/news/kaji/kurikulum-merdeka-belajar-tantangan-bagi-guruhttp://beritadisdik.com/news/kaji/konstruktivisme-dalam-kurikulum-merdeka-belajar–kmb-http://beritadisdik.com/news/kaji/jejak-konstruktivisme-dalam-kurikulum-merdeka-belajar–kmb-http://beritadisdik.com/news/kaji/membantu-mengatasi-problema-dalam-tugas-guru—http://beritadisdik.com/news/kaji/generasi-alpha-vs-tantangan-dan-kesiapan-guruhttp://beritadisdik.com/news/kaji/babagaimana-orang-tua-dan-guru-menghadapi-tantangan-pendidikan-karakter-http://beritadisdik.com/news/kaji/mendekat-dengan-karakteristik-peserta-didik-abad-21-http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-kakteristik-gaya-belajar-siswahttp://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-jauh-gaya-belajar-visual-http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-jauh-dengan–gaya-belajar-auditorial-http://beritadisdik.com/news/kaji/mengenal-lebih-jauh-dengan–gaya-belajar-kinestetik-http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-peran-dan-kompetensi-pembelajaran-abad-21-bagi-siswa-http://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-menumbuhkan-way-of-thinking-http://beritadisdik.com/news/kaji/refleksi-peringatan-maulid-nabi-muhammad-saw-1445-hhttp://beritadisdik.com/news/kaji/bagaimana-cara-mengembangkan-keterampilan-abad-21—-

Jilid VIII Khusus MENYINGKAP RAHASIA DIBALIK NAMA-NAMA HARI Allah SWT telah memberikan keistimewaan kepada manusia dengan akal pikiran serta daya nalar, supaya mereka dapat menerima makna yang terkandung di balik peristiwa tersebutuntuk dimengerti dengan akal pikiran agar bisa diambil hikmahnya. Begitu pula dengan tujuh nama hari. Semua orang tentu mengenal nama-nama hari dalam satu minggu, namun tidak semua orang tahu ada apa atau peristiwa apa saja yang pernah terjadi dimasa lampau yang berkaitan dengan tujuh nama nama hari, baik yang mampu dicerna oleh akal kita sebagai insan dhaif, maupun peristiwa irasional yang diluar jangkau akal manusia. Allah memuliakan tujuh hari ini kepada tujuh Nabi AS, misalnya Allah memuliakan nabi Musa As dengan hari sabtu, Allah memuliakan Nabi Isa dengan hari Ahad, Allah memuliakan nabi daud As dengan hari senin, Allah memuliakan nabi Sulaiman AS dengan hari selasa, Allah memuliakan nabi Ya’qub as dengan hari rabu, Allah memuliakan Nabi Adam as denga hari kamis, Allah memuliakan nabi Muhammad SAW dan umatnya dengan hari Jumat. Buku ini dalam pembahasannya terbagi atas 7 bagian yang mencakup bagian: (1) Peristiwa hari ahad, (2) Peristiwa hari senin; (3) Peristiwa hari selasa; (4) Peristiwa hari rabu; (5) Peristiwa hari kamis; (6) Peristiwa hari jumat; (7) Peristiwa hari sabtu. Ikuti paparanya:

Alquran Ungkap 6 Rahasia tentang Hari Ahad.Inilah uraiannya…

Jika Anda Lahir Senin, Inilah Rahasia dan Keutamaannya…

Perlu Anda Ketahui Rahasia dan Hikmah tentang  Hari SELASA.Inilah Bocoran nya…

https://bedanews.com/jarang-di-ketahui-ada-rahasia-dan-hikmah-luar-biasa-tentang-hari-rabu-inilah-rahasianya/

Motivator Pendidikan  Bocorkan 5 Rahasia dan Keutamaan tentang Hari KAMIS

Wàjib Diketahui, Bagi Anda yang lahir Hari JUMAT.Inilah Rahasia dan Kehebatannya…

TINGKATKAN PRODUKTIVITAS, 5 Keistimewaan tentang Hari SABTU yang Disingkap Al- quran

 Pengabdian kepada masyarakat. Ia, pendiri dan membina dalam mengembangkan Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang menyelenggarakan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984-Sekarang, serta  garapan khusus “Bina Desa” melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pembina Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya  tidak kurang dari 75 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kab. Ciamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *