Perbedaan Skripsi-Tesis -Disertasai

MEMAHAMI PERBEDAAN:

Skripsi, Tesis Dan Disertasi: Terinspirasi dari Serambi Islami TVRI, Rabu 22 Desember 2021 tema “menghargai perbedaan” dari KH. Cholil Nafis. dan Peringatan Hari Ibu ke-93″ Bimbingan Ibu Tiada Henti.

Telah menjadi sutu keniscayaan perbedaan maksud dan tujuan sering kali tak diketahui oleh kebanyakan orang. Jika diucapkan sekilas, keduanya nampak hanyalah sinonim yang bisa digunakan bergantian dan memiliki arti yang sama. Padahal, jika diulas dengan penafsiran, ada beberapa perbedaan arti antara maksud dan tujuan yang selama ini tak banyak diketahui oleh orang-orang. Meski terkesan memiliki arti yang sama, namun kata maksud tidak serta merta disebut sebagai tujuan. Begitupun sebaliknya, tujuan tidak serta merta bisa diartikan sebagai maksud. Namun, perbedaan keduanya terletak pada pemaparannya saja. Maksud dalam arti sebenarnya lebih luas dan umum, ketika dituliskan lebih singkat. Sementara tujuan dalam arti sebenarnya lebih singkat dan khusus, ketika dituliskan lebih panjang. Hal demikian terjadi pada sebagian mahasiswa dalam memahami perbedaan skripsi, tesis dan disertasi, sehingga berujung pada hasil penyusunan tesis dan disertasi berbau skirpsi, itu sudah beruntung. Lebih parahnya tidak sampai kepada skirpsi pun. Sudah barang tetntu memerlukan bimbibingan secara terus menerus dan berkelanjutan. Seperti bimbingan Ibu yang tiada Henti.

Apabila dikaji Perbedaan skripsi, Tesis Dan Disertasi sangat sederhana, salah satunya bisa dilihat dari jenjang pendidikandan tingkat kedalaman ilmunya. Perbedaan dari skripsi, tesis dan disertasi juga dapat dilihat daru tingkat kedalaman pengetahuan yang harus dikemukakan. Tentu semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin dalam dan besar tanggung jawabnya. Orang yang sedang mengerjakan tugas semacam ini pasti merupakan mahasiswa tugas akhir. Walaupun demikian meskipun seorang mahasiswa akhir, ternyata tidak menjamin seorang mahasiswa tahu mengenai perbedaan skripsi, tesis dan skripsi itu sendiri loh. Banyak yang menganggap tiga hal tersebut dua hal yang sama. Wah, jika mengartikan demikian salah besar. Daripada salah dan terlanjut memelihara kesalahan pemahaman, kamu sedang berada di daerah yang tepat ini. Jadi pada kesempatan kali ini akan mengulas tuntas perbedaan skripsi, tesis dan disertasi.

Maknai, Apa itu Skripsi?

Skripsi dapat diartikan sebagai tugas akhir wajib bagi mahasiswa S1 di Indonesia. Jadi kalo di SMA lulus tidaknya ditentukan oleh UN, maka skripsi ini syarat untuk mendapatkan gelar sarjana di perguruan tinggi tempat kamu belajar. Skripsi adalah tugas akhir sebagai syarat kelulusan untuk program Sarjana (S1) dan sifatnya tidak terlalu rumit karena merupakan tugas/proyek latihan penelitian menggunakan metode yang benar. (Eko Handayanto). Tugas skripsi lebih bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan metode penelitian secara benar. Sehingga peran pembimbing dalam membantu atau memandu penyelesaian skripsi masih besar.

Baik itu skripsi maupun tesis sama-sama ditulis dengan sistematika, struktur atau susunan seperti pendahuluan, tinjauan pustaka, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka dan lampiran. Jadi, tugas akhir skripsi ditulis tidak boleh ditulis sembarangan, harus mengikuti sistematika penulisan dan mahasiswa wajib terjun ke lapangan langsung. ke lapangan mencari data, mengumpulkan data kemudian mengolah data yang di dapat dikemas dalam bentuk skripsi. Laporan skripsi dilarang keras memalsukan data atau apapun. Jangan karena sebagai syarat, kemudian laporan penulisan skripsi dikemas dan ditulis asal-asalan.

Ingat bahwa setiap hasil penelitian, akan dicek plagiasi dan di akhir akan disidang dan diuji oleh dosen hebat di kampus kamu. Jika bisa menjawab dengan mulus, itu tandanya kelulusan Sarjana tinggal selangkah lagi. Jika ditolak dan mengulang, ya siap-siap bmenulis skripsi lagi. Pastikan untuk bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.

Tesis itu Apa?

Fenomena yang berkembang tesis berbau skripsi. Jika skripsi diperuntukan untuk mahasiswa S1, maka tesis merupakan laporan akhir untuk jenjang magister atau (S2). Perbedaan selanjutnya ada pada kedalaman ilmu pengetahuan yang digunakan, dimana tesis lebih mendalam ketimbang skripsi. Tesis adalah tugas riset yang harus diselesaikan oleh program studi magister (S2) dengan mempresentasikan pengetahuan mahasiswa menguasai bidang khusus.

Penyusunan tesis lebih mendalam daripada menyusun skripsi, peran dari pembimbing juga lebih sedikit. Namun, mahasiswa S2 belum diharuskan untuk membuat penemuan baru seperti mahasiswa S3.

Dari segi penulisan, tesis ditulis berdasarnya pernyataan atau teori. Maka dari itu, seorang peneliti boleh menggunakan metodologi orang lain. Perbedaan skripsi dan tesis selain diperuntukan jenjang strata pendidikannya, dari segi penulisan karya tulis ini masih tetap sama.

Penulisan tesis tetap dilakukan berdasarkan hasil study yang ditulis secara tersistematis. Terkait dengan pengumpulan data, dapat menggunakan metode. Ada banyak metode dalam pengambilan data. Selain itu juga diperlukan analisis dari data yang telah di ambil dan diolah.

Kenali Apa itu Disertasi?

Ketika mengetahui skripsi untuk S1, dan tesis untuk S2 pasti kalian sudah tahu kan kalau disertasi itu untuk berapa? Yaa betul, sebagai syarat kelulusan untuk program S3.

Disertasi merupakan tugas riset yang harus diselesaikan dalam program studi doktor (S3) dan diwajibkan harus dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan belum pernah terungkan dalam keilmuannya.

Program S3 merupakan program lanjutan dari jenjang S2, tentu saja disertasi juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari tesis.

Tingkat kesulitannya melebihi keduanya, jika S1 mahasiswa masih butuh bimbingan dan S2 digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam menelitik. Dan di S3 sebagai pembuktian bahwa mahasiswa harus benar-benar dapat meneliti secara mandiri.

Bahkan lulusan S3 diwajibkan untuk meneliti dan menghasilkan penemuan baru, teknologi baru atai ilmu pengetahuan baru.

Perbedaan Skripsi, Tesis Disertasi Secara Spesifik

Dari kedua ulasan di atas, tidak begitu tampak secara jelas apa sih perbedaan skripsi dan tesis. Dalam upaya memudahkan dalam pemahaman tersebut. Perbedanaan, seperti dijelaskan pada tebel, berikut:

*) Koment yang membagun diperlukan demi kemaslahatan (silahkan tulis pada kolom tersedia) 👇

Leave a Reply

Your email address will not be published.