Khutbah Jum’at 1 Maret 2024: Manusia Ilmu Pengetahuan dan Talenta

Khutbah Jum’at 1 Maret 2024

MANUSIA: Ilmu Pengetahuan dan Talenta

Khutbah I

اَلْحَمْدُ لِلهِ، نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ، وَ نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْيُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ أَمَّابَعْدُ. فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْ اللهَ، اِتَّقُوْ اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْمِ، وَالْعَصْرِ ،  إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ، إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

 

Maasiral Muslimin Jamaah Jumah Rahimakumullah.

Pada kesempatan khutbah ini, mari kita memantapkan kembali kualitas ibadah kita kepada Allah Swt. Dengan secara sungguh-sungguh kita melaksanakan segala apa yang diperintahkan oleh Allah berupa al-ma’murat (hal yang diperintahkan) al-wajibat (hal-hal yang memang harus kita lakukan) maupun al-mandubat (hal-hal yang dianjurkan) yang sebaiknya kita lakukan.

Meninggalkan segala hal yang dilarang, al-manhiyat. Apakah al-manhiyat ini al-muharramat (hal-hal yang harus kita tinggalkan) maupun hal-hal yang sebaiknya kita tinggalkan, dalam bahasa hukum disebut al-makruhat, hal-hal yang dimakruhkan. Maa yaqtadhi iqtidho’an tarkihi ghaira jazimin, sesuatu yang sebaiknya kita hindari dan tinggalkan.

Inilah sesungguhnya yang menjadi inti ketakwaan kita kepada Allah. Menjadi modal dan kapital kita untuk bisa mendapatkan kebahagiaan dalam hidup di dunia ini, maupun dalam kehidupan di akhirat nanti.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Salah satu keunggulan manusia dipilih oleh Allah menjadi khalifatullah fi al-ardh, karena manusia mempunyai kompetensi, punya kemampuan, ilmu dan talenta. Karena ilmu itulah kemudian Allah memilih Adam dan seluruh anak keturunan Adam ini, manusia, diberikan mandat dan ditugasi Allah sebagai khalifatullah fi al-ardh. Sebagai mandataris Allah, sebagai petugas Allah, yang diberikan otoritas dan kewenangan untuk melakukan al-istikhlaf wa al-isti’mar, melakukan pengelolaan pemanfaatan terhadap seluruh alam semesta ini.

Bukan malaikat, karena malaikat tidak punya kompetensi ini. Meskipun malaikat, wa nahnu nusabbihu wa nuqaddisu laka, meskipun malaikat mempunyai tingkat ketaatan yang luar biasa. Dan itu tentu saja malaikat mempunyai ketaatan yang penuh, tidak mungkin berbuat maksiat karena Allah menciptakan malaikat dari dimensi yang tunggal tanpa diberikan dimensi syahwat.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Ada beberapa alasan mengapa manusia dilih oleh Allah SWT menjadi khalifatullah fi al-ardh.

Pertama: Manusia ini dipilih, karena manusia diberikan oleh Allah ilmu pengetahuan ini. Ketika kita masuk berada di tengah-tengah pesantren. Maka sesungguhnya kalian berada dalam tempat yang memperkuat terhadap fungsi khalifatullah fi al-ardh itu secara utuh. Kenapa saya katakan secara utuh? Karena konsep yang dikembangkan di tengah-tengah UIN ini, adalah konsep membangun manusia seutuhnya. Basthotan fi al-‘ilm wa al-jism. Sebagai prasyarat untuk menjadi seorang pemenang, seorang juara, seorang yang mampu melaksanakan tugas khalifatullah fi al-ardh di antaranya adalah harus punya kemampuan basthotan fi al-‘ilm wa al-jism, harus kuat. Intelektualnya harus kuat, wa al-jism secara fisik dan karakternya juga harus kuat.

Kedua: Manusia dipilih krena tugas Pengabdiannya. Tugas yang diberikan Allah Swt kepada manusia adalah untuk mengabdi (beribadah) kepada Allah. Ayat yang secara tegas menyebutkan hal ini adalah Surah az-Zariyat: 56,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. az-Zariyat: 56).

Ayat ini mengisyaratkan bahwa tugas lain yang diemban oleh manusia dalam hidup di dunia ini adalah untuk menjadikan segala aktivitas hidupnya bernilai ibadah. Tentu saja dalam hal ini termasuk bekerja dalam kapasitas apa pun. Kalau bekerja adalah sebagai salah satu ekspresi beribadah, maka sebagai seorang Muslim tentunya tidak akan menyia-nyiakan setiap kesempatan dan waktu yang ada kecuali akan diisi dengan usaha yang sungguh- sungguh untuk dapat menghasilkan karya-karya terbaik sebagai persembahan pengab­diannya kepada Tuhannya (Allah Swt).

Yang ketiga, Manusia dipilih krena diberi potensi hati, jiwa  dan talenta. Untuk itulah manusia harus mempunyai dzu qalbin salim. Punya hati yang sehat, punya jiwa yang betul-betul disinari oleh nilai-nilai agama, oleh karakter yang hebat, dan itu hanya berada di tengah-tengah Al-Jamiah ini.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Namun sayangnya, pendidikan kita pada umumnya hanya mengajarkan orang untuk pintar. Kalau pintar, barangkali tidak terlalu sulit, karena hanya memberikan sesuatu yang berkaitan dengan kognitif, kemampuan ilmu, kemampuan yang bersifat empirik. Semuanya ada standar dan dasarnya, mudah untuk diberikan. Guru/dosen mengajarkan sesuatu, gampang. Karena kurikulum, kisi-kisinya, sudah ada.

Tetapi untuk membentuk qalbin salim ini tidak bisa diajarkan. Qalbin salim itu harus melalui tarbiyah, melalui pendidikan. Pendidikan itu adalah contoh. Pendidikan itu adalah pembiasaan. Lalu menumbuhkan apa yang disebut karakter yang kuat. Shifatun rasikhoh fi al-qalbi allati tashduru anna al-af’al bi la rawiyyatin wa la fikrin. Ada jiwa yang kita bentuk di tempat (Al-Jamiah Islamiyah) ini, ada karakter yang kita bentuk. Yang ini tidak semua orang bisa melakukan. Pendidikan kita tidak bisa melakukan itu, yang di luar Al-Jamiah.

Pesantren bisa, kenapa? Karena disini siswa dilatih dalam semua halnya. Semua menjadi pelajaran. Ketika harus bersusah-susah antri makan. Maka antri itu sesungguhnya bagian dari mendidik anda untuk bagaimana bisa punya sikap disiplin. Antri mandi juga demikian.

Bagaimana anda punya karakter untuk berkawan dengan baik. Bersosialisasi dengan baik. Itu semua hanya bisa dilakukan dengan proses yang bersifat mubasyir, ‘yang mengalami’. Tidak bisa diajarkan dengan satu teori dan definisi , tetapi anda langsung mengalami, mubasyir. Seperti model ibadah puasa, mubasyir. Kita langsung merasakan dahaga, dan lapar.Pesantren ini mubasyir, direct. Anda diajarkan secara langsung, tidak hanya dibangun secara kognitif tetapi anda dibangun karakternya untuk menjadi orang yang kuat, qawiyyun amiin. Yang punya kemampuan secara ilmu, kemampuan secara fisik, dan kemampuan secara karakter. Integritas yang kuat. Sehingga ketika anda berilmu, jadi ‘apa’ pun, anda dalam kekuatan yang dibimbing oleh karakter dan akhlak ini.

Oleh karena itu, maasyiral muslimin rahimakumullah

Islam tidak pernah membedakan. Dikotomi ilmu agama dan ilmu umum itu tidak ada. Kalau dalam konsep Imam al-Ghazali, ilmu itu adanya fardhu ‘ain dan fardhu kifayah. Karena apa? Karena Allah menugaskan kita ini secara integral, khalifatullah fi al-ardh. Mengelola ini, kita tidak hanya butuh mampu memahami agama, dalam arti ilmu yang bersifat qawliyyah. Tetapi, ilmu yang bersifat kauniyyah yang bersumber dari alam semesta ini juga harus kita pahami dengan baik, orang menyebutnya ‘ilmu umum’. Tidak ada sesungguhnya pemisahan itu (antara ilmu agama dan ilmu umum).

Semua orang harus memiliki kemampuan dasar yang dimiliki, tetapi potensi yang harus dikembangkan sebagai profesi itu berdasarkan bakat dan potensi tertinggi pada orang itu. Anda silahkan menjadi dokter, dokter itu fardhu kifayah. Tapi sebagai seorang dokter, anda wajib mengerti cara shalat itu seperti apa, rukun dan syarat shalat kayak apa, yang membatalkan shalat itu apa, (ilmu) ini fardhu ‘ain.

Anda menjadi ahli teknologi. Ahli teknologi pun wajib mengetahui. Siapa pun anda, ada ilmu fardhu ‘ain. Lalu ada (ilmu) fardhu kifayah. Fardhu kifayah itu adalah kecerdasan yang bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Itulah yang menjadi skill, jadi kemampuan yang berbeda-beda dalam kehidupan ini.

Oleh karena itu, berbahagialah kalian ketika Allah menunjukkan orang tua kita dan lalu kita berada di tengah-tengah Al-Jami’ah al-Islamiyah al-Hukumiyah. (UIN Bandung) ini.

Orang yang dikehendaki oleh Allah untuk menjadi orang baik, itu cirinya mau mengaji, mau berada di tempat yang baik. Nabi Muhammad Saw. bersabda;

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

Man yuridillah, iradah Allah. Ketika Allah menghendaki seseorang untuk jadi orang baik maka orang itu akan diarahkan berada di tempat yang benar. Termasuk berada di tempat yang belajar ilmu agama ini.

Oleh karena itu, momentum syaban dan sekaligus memasuki awal perkulihan semeter Genap tahun akademik 2023/2024  ini, memberi kesempatan dan peluang yang sangat luar biasa dan sangat agung ini. Measuki awal perkulihan harus memahami bahwa ada tugas yang besar dengan tantangan yang besar.

Dalam diri kita harus kita bangun secara utuh, kita harus pintar dan benar, harus berkarakter, berakhlak, didingi dengan talenta kuat, dalam segala hal yang terkait dengan hal-hal yang menjadi kebutuhan dalam hidup ini. Leadership kita, jiwa kepemimpinan kita harus kuat. Karena kita dididik bukan untuk menjadi tukang.

Kalau anda bisa mengajar, jangan jadi tukang mulang (mengajar). Tapi bagaimana mengembangkan ilmunya itu menjadi sesuatu yang luas. Dan meluaskan apa yang kita punya itu, kata kuncinya adalah kemampuan di dalam leadership, kemampuan di dalam memahami kehidupan ini secara luas dalam konsep kepemimpinan dan manajemen yang baik.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan ma’unah dan taufiq-Nya. Istikamah kita berada di tempat yang sangat mulia ini Al-Jamiah Islamiyah (UIN SGD Bandung). Allah memberikan keberkahan dan kemanfaatan, aamin ya rabba al-‘alamin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِ الْعَظِيْمِ.  وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأٓيَةِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْم إنَّهُ تَعَالى جَوَّادٌ كَرِيْمٌ رَؤُوْفٌ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَامُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهّ أَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِوَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِالرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّامَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَوَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَىيَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَااِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَالنَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْوَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *