Harga Borongan Pasang Daun Pintu & Jendela

Seberapa penting kah Mengetahui Harga Borongan Pasang Daun Pintu & Jendela?Inilah jawabannya

 

Rasional

Ada banyak orang mengira bahwa harga borongan membuat daun pintu sudah termasuk dengan pemasangan, ternyata anggapan tersebut salah besar. Karena sebagian besar pengrajin kayu mematok harga ketika melakukan pemasangan, meski ada juga yang termasuk pemasangan. Sebetulnya hal ini tidak jauh berbeda dengan pemasangan daun pintu berbahan alumunium dimana terdapat biaya untuk pemasangan. Hanya saja untuk besaran biaya yang dikenakan berbeda beda, oleh karena itu teman-teman kalian semua wajib mengetahuinya. Baik bagi teman-teman yang bertugas sebagai kepala sekolah/madrasah yang mendapat batuan fisik bangunan kelas baru ataupun rehabilitasi kelas. Secara individu paling tidak membuat rumah pribadi. Suudzonya, kadang kita bisa dibohongi oleh pemborong atau tukang.

Tentunya biaya pemasangan disetiap daerah berbeda beda dan ada pula yang menggunakan sistem harian lepas, (artinya tanpa konsumsi) untuk itu pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan besaran harga borongan pasang daun pintu dan jendela. Sebab masih banyak orang yang mempertanyakan akan hal tersebut, jadi silahkan simak terus artikel ini sampai selesai.

Secara empirik umumnya upah kerja di sekitar daerah Cibiru Bandung menggunakan sistem harian lepas dibayar 150.000/hari untuk tukang. Rp. 100.000/hari untuk laden idealnya kerja 8 jam 07.00 sd. jam 16.000 (istirahat ± 1 jam).

Dalam kontek ini, pertanyaannya bagaimana menghitung onkos kerja borong pemasangan daun pintu dan jendela dengan harga pertengahan (menengah).

Borongan Pasang Daun Pintu dan Jendela

1. Borongan kerja tukang dalam pemasangan Daun Pintu

Kerja pemasangan daun pintu pada umumnya sudah termasuk memasang kunci pintu, untuk itu kami sarankan agar persiapkan itu semua mulai dari engsel, slot dan pendukung lainnya. Ketika pemasangan berlangsung alangkah baiknya untuk diperhatikan, kadang ada beberapa tukang kayu yang asal asalan ketika memasang.

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu harga borongan pasang daun pintu kayu, dari beberapa informasi sudah kami dapatkan. Untuk pemasangan daun pintu pada umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 50.000 sampai Rp 80.000 per daun pintu. Abil saja harga menegah (60.000/pintu). kebiasaan tukang bisa pasang pintu antara 2 sd. 3 pasang sehari.

Dengan begitu bisa di hitung, jika pada suatu rumah terdapat 5 pintu dapat di hitung saja 5 x Rp 60.000 = Rp 300.000. Jadi untuk borongan pemasangan pintu satu rumah sekitar Rp 300.000 .

2. Borongan kerja tukang dalam pemasangan Daun Jendela

Kerja pemasangan daun jendela pada umumnya sudah termasuk memasang mulai dari engsel, slot hak angin dan pendukung lainnya. Ketika pemasangan berlangsung alangkah baiknya untuk diperhatikan, kadang ada beberapa tukang kayu yang asal asalan ketika memasang.

Sedangkan untuk borongan pemasangan daun jendela juga tidak jauh berbeda, dimana per daun jendela kurang lebih antara Rp 35.000 sampai Rp 45.000 per daun jendela. Ambil saja harga menengah 40.000. Besaran biaya tersebut, setiap daerah tentu berbeda beda jadi ini hanya sebagai gambaran saja. Melihat dari harga tersebut, apabila terdapat 8 daun jendela maka perhitungannya 8 x Rp 40.000 = Rp 320.000.

 

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa setiap daerah belum tentu menerapkan borongan, ada juga yang menerapkan harian lepas. Namun saran kami lebih baik dibuat borongan, sebab jika harian lepas kemungkinan besar diperlambat dalam sisi pemasangan.

Kalau saja Kamar Kontrakan baru Asrama Tresna Bhakti Cibiru tahun 2022 terdiri dari 18 kamar per kamar terdiri dari 1 pintu dan 2 daun jendela. jumlahnya 18 pintu dan 36 jendela, dihargakan sbb:

Untuk pemasangan daun pintu 18 pintu x 60.000 = 1.080.000

Untuk pemasangan daun pintu 36 pintu x 40.000 = 1.440.000

Jumlah biaya ………………………………………….   = 2.520.000

Untuk mengetahui keuntungan bagi tukang dan bagi si pemilik pekerjaan dalam bahasa kontrator disebut bohir. Kerja harian lepas atu keja borongan silahkan pentimbangkan masak-masak.

Hal ini dibuat atas dasar pengalaman empirik saya selama kurang lebih 48 tahun mngamati, menggeluti manajemen/pelaksanakan pekerjaan tukang bangunan maupun pemborong bangunan baik di intansi (proyek) dan bagunan rumah perorangan.

Walalahu A’lam bishowab.

Sumber dikembangkan dari https://www.ahlikuli.com/harga-borongan-pasang-daun-pintu/

Leave a Reply

Your email address will not be published.