Lebih Dekat dengan Psikologi Organisasi

Lebih Dekat dengan Psikologi Organisasi

(Materi Pembukaan Mata Kuliah Psikologi Organisasi Selasa 3 September 2024)

Psikologi organisasi berfokus pada membantu Organisasi organisasi/perusahaan menilai keterampilan, kemampuan, persepsi, dan potensi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi sambil berkontribusi pada pengembangan manusia dan profesinya. Dalam Mata kuliah ini, Anda akan mengetahui apa isinya, apa manfaatnya, dan alat terpenting yang digunakannya untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan tenaga kerja.

Apa itu Psikologi Organisasi?

Secara sederhana, psikologi organisasi mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ini berfokus pada evaluasi dinamika individu, kelompok, dan organisasi dan menggunakan penelitian itu untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah yang meningkatkan kesejahteraan dankinerja organisasi dan karyawanya.

Psikologi organisasi terutama berkaitan dengan menyelaraskan kepentingan organisasi/perusahaan dan kebutuhan tenaga kerjanya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kondisi karyawan untuk mencapai kinerja dan efisiensi yang luar biasa. Psikolog organisasi mempelajari bagaimana keputusan dibuat, seberapa efektif komunikasi organisasi, dan bagaimana anggota tim berinteraksi dan berkolaborasi. Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak lainnya membantu pemilik bisnis menilai di mana harus mengubah sistem dan dinamika untuk membuat bisnis mereka bekerja lebih baik.

Manfaat Psikologi Organisasi

Berikut beberapa manfaat psikologi organisasi baik bagi organisasi/perusahaan maupun karyawan:

1. Untuk organisasi/perusahaan; Menerapkan program psikologi organisasi menawarkan banyak manfaat bagi organisasi/perusahaan, karena merupakan bidang psikologi yang berusaha menjaga kepentingan organisasi/perusahaan dan karyawannya secara bersama-sama dan menguntungkan. Selain itu, ia melakukan fungsi konsiliasi antara keduanya.

Tujuan dari area ini adalah untuk mengusulkan strategi untuk memperkuat budaya organisasi. Ini berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang sehat, yang secara signifikan meningkatkan produktivitas dan komitmen karyawan. Oleh karena itu, ini akan menyiratkan pengurangan biaya pergantian dan proses perekrutan baru.

2. Untuk karyawan; Tugas yang dilakukan oleh psikologi organisasi bertanggung jawab untuk membantu memecahkan masalah dengan lebih efisien. Dalam banyak kesempatan, mereka bahkan mendapat bantuan dari karyawan itu sendiri sehingga mereka merasa menjadi bagian dari solusi.

Selain itu, area ini juga mencerminkan peningkatan kualitas hidup karyawan. Psikolog mencoba untuk mengetahui preferensi mereka dan mempromosikan langkah-langkah yang memungkinkan mereka untuk memilih rekonsiliasi yang lebih besar dengan kehidupan pribadi mereka, rencana karir, hubungan dengan rekan kerja mereka, dll, memungkinkan mereka untuk lebih nyaman dengan pekerjaan mereka.

Bidang utama psikologi organisasi

Bidang utama psikologi organisasi adalah:

1. Rekrutmen;Psikologi organisasi membantu departemen sumber daya manusia mengembangkan proses perekrutan dan seleksi personel, termasuk iklan pekerjaan, definisi kualifikasi penting, dan pengembangan evaluasi seleksi.

2. Pelatihan dan pengembangan karyawan; Psikolog industri melakukan analisis pekerjaan di mana keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu secara efektif ditentukan. Informasi dan wawasan yang diperoleh dari analisis ini digunakan untuk mengembangkan dan mengevaluasi program pengembangan dan pelatihan keterampilan karyawan.

3. Kepuasan dan kehidupan kerja karyawan; Psikologi organisasi berkaitan dengan kepuasan kerja, motivasi kerja, kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan.

Dalam pengertian ini, peran bidang psikologi ini adalah untuk menilai kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan di tempat kerja, menemukan cara untuk meningkatkan budaya tempat kerja dan menerapkan program untuk mendamaikan pekerjaan dan kehidupan keluarga, jika perlu.

4. Evaluasi kinerja; Psikologi organisasi membantu organisasi mengukur dan mengelola kinerja karyawan dengan mengembangkan dan melakukan penilaian kinerja, mengidentifikasi kesenjangan keterampilan, dan memberikan umpan balik dan rekomendasi.

Umpan balik karyawan yang diperoleh dari evaluasi ini sering digunakan untuk menginformasikan keputusan mengenai kompensasi dan promosi.

5. Pengembangan dan manajemen organisasi; Psikologi organisasi juga berkaitan dengan struktur dan kinerja organisasi. Sebuah organisasi memerlukan area ini untuk menentukan tingkat efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas dan membantu membuat keputusan yang berkaitan dengan budaya kerja organisasi dan perubahan struktural.

Alat berharga untuk psikologi organisasi

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu psikologi organisasi dan apa manfaatnya, kami akan memberi Anda empat alat penting untuk mempraktikkannya di organisasi Anda:

1. Penilaian DISC untuk psikologi organisasi; Metodologi DISC menilai kepribadian individu di empat kategori perilaku: dominasi, pengaruh, ketegasan, dan kesadaran. Dengan cara ini, penilaian DISC membantu pemberi kerja dalam tiga cara: selama perekrutan, pelatihan, dan penyelesaian konflik antarpribadi. Misalnya, ketika mewawancarai seorang kandidat, profil kepribadian mereka dapat menunjukkan kecocokan yang baik untuk pekerjaan tertentu. Saat melatih seorang karyawan, pengajaran dapat disesuaikan dengan gaya belajarnya. Memahami dinamika perilaku mereka membuatnya lebih mudah untuk bernegosiasi jika masalah muncul di antara karyawan.

2. Inventarisasi Kepribadian Hogan (HPI); The Hogan Personality Inventory (HPI) mengidentifikasi orang-orang berbakat menggunakan dua kriteria: sikap cerdas mereka dan kekuatan mereka di tempat kerja. Wawancara Inventarisasi Kepribadian Hogan lebih efisien, mencocokkan kandidat dengan peran di mana keterampilan mereka dapat bersinar. Membawa orang-orang yang sesuai dengan budaya organisasi/perusahaan membuat kerja tim yang lebih baik mungkin terjadi. Selain itu, program pelatihan dapat menargetkan kebutuhan staf, memajukan karir mereka.

3. Kuesioner Kepribadian Pekerjaan; Alat ini menilai kesesuaian untuk posisi, tim, dan lingkungan kerja tertentu. Dari berbagai versi tes yang tersedia, OPQ32 adalah yang paling lengkap karena pertanyaannya dirancang untuk menilai 32 ciri kepribadian yang relevan dengan lingkungan kerja. Jawabannya mengungkapkan gaya kerja masing-masing dalam tiga bidang: pemikiran, perasaan, dan hubungan. Pengusaha menggunakan kuesioner untuk merekrut, membangun tim, dan mempersiapkan pemimpin masa depan.

4. Kuesioner 16 Faktor Kepribadian; Evaluasi ini memprediksi bagaimana orang akan bereaksi terhadap situasi kerja tertentu. Dibandingkan dengan 28 pernyataan pada DISC, 16PF memiliki 185 bagian pilihan ganda, yang membutuhkan waktu rata-rata 30 menit untuk diselesaikan.Setiap bagian berisi beberapa pernyataan, yang mengharuskan orang tersebut untuk menyatakan tingkat persetujuan mereka pada skala lima poin. Selanjutnya, analisis uji memberi peringkat setiap sifat rendah atau tinggi. Tes kepribadian ini mendapat nilai tinggi untuk penerapannya yang realistis dan praktis di kalangan psikolog organisasi. Pengusaha menggunakan 16PF untuk mengidentifikasi kandidat terkuat dengan potensi yang menjanjikan untuk kemajuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *