Khutbah 31 Des 2021

MUHASABAH

(Berinstrospeksi diri, mengoreksi diri, evaluasi diri untuk bertaubat, himmah untuk memperbaiki diri dan beramal saleh. Beharap Pandemi segera berakhir)

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Mengawali khutbah ini, khatib berwasit kepada diri pribadi dan semua jama’ah, mari senantiasa kita tingkatkan ketakwaan pada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya dengn penuh ke-ikhlasan. Dalam ayat ini, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada kita untuk bertakwa dan berinstrospeksi diri. Masing-masing dari kita hendaknya selalu berpikir dan mencermati apa yang telah dipersiapkan untuk akhiratnya kelak. Jika telah berbuat baik dan beramal shalih, maka hendaknya kita memuji Allah subhanahu wa ta’ala atas kemurahan-Nya, dan tetap istiqamah (konsisten) dalam kebaikan itu sepanjang hidup kita. Namun jika kita masih berbuat maksiat, maka hendaknya kita tinggalkan semua maksiat, beristighfar (memohon ampun), dan memperbaiki hati, karena di akhirat kelak tidaklah bermanfaat harta dan keturunan serta apa pun jua kecuali orang-orang yang memasuki kehidupan akhirat dengan hati yang bersih.

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah: Saudara-saudaraku Ahli Jum’at yang berbahgia

Diketahui tahun 2021 segera berlalu dan kita akan memasuki tahun baru 2022. Setelah Jam. 00.00. nanti malam. (Sesuai perhitungan tahun masehi).  Tahun 2021, tentunya menyisakan banyak catatan baik secara personal, nasional maupun global. Secara global seluruh negara penjuru dunia, khususnya di Indonesia ada banyak hal catatan peristiwa yang menyedihkan untuk kita jadikan sebagai instrumen muhasabah dan introspeksi diri. Lembar catatan itu setidaknya dapat dijadikan tiga dimensi perbaikan secara progresif yaitu: (1) muhasabah untuk mengoreksi diri; 2) evaluasi diri untuk bertaubat dan; 3) himmah untuk memperbaiki diri dan beramal saleh. Hari ini Jum’at 31 Desember 2021 waktu yang tepat untuk melakukan Muhasabah/berintosfeksi diri.

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,

Di akhirat kelak, seseorang akan dihisab dan dimintai pertanggungjawaban atas pendengaran, penglihatan dan hatinya, sebagaimana ia akan dihisab atas apa yang dilakukan oleh seluruh anggota badannya. Oleh karena hati adalah pemimpin anggota badan, maka perbuatan-perbuatan anggota badan sejatinya mencerminkan apa yang ada dalam hati. Jika hati baik, maka anggota badan menjadi baik. Dan jika hati rusak, maka rusaklah anggota badan. Hadirinyang berbahagia, Dalam kesempatan ini, kita akan membahas enam sifat yang dibenci oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Marilah kita berintrospeksi dan bermuhasabah, apakah hati kita sudah bersih dan terhindar dari enam sifat tersebut, ataukah sebaliknya, justru enam sifat yang dibenci oleh Allah subhanahu wa ta’ala tersebut tertanam kuat dan bercokol di hati kita. Na’udzu billahi min dzalik.

Ibnu Hibban meriwayatkan dalam hadits shahih dari sahabat Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Dalam hadits di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala membenci seseorang yang memiliki enam sifat berikut ini:

1.جَعْظَرِيٍّ ; orang yang takabbur atau sombong. Tipe orang ini dikulifikasikan ada dua macam. Pertama, menolak kebenaran yang disampaikan oleh orang lain padahal ia tahu bahwa hal itu benar, dikarenakan penyampai kebenaran lebih muda usianya, lebih miskin hartanya, lebih rendah status sosialnya atau karena hal lain. Jenis takabbur yang kedua adalah merendahkan orang lain. Seseorang yang memiliki sifat takabbur jenis kedua ini dalam hatinya, ia akan menganggap dirinya memiliki keistimewaan lebih atas orang lain sehingga melihat dirinya dengan pandangan kesempurnaan dan penuh kebaikan. Dia melupakan bahwa itu semua adalah anugerah yang Allah berikan kepadanya.

2.جَوَّاظٍ ; yaitu seseorang yang rakus dan gandrung untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya dengan niat yang tidak benar dan didorong kecintaannya yang sangat besar terhadap harta. Ia tidak peduli dari mana harta itu ia peroleh, apakah dari sumber yang halal ataukah haram. Dengan itu, ia bertujuan untuk memenuhi keinginan hawa nafsunya yang haram dan membanggakan diri di hadapan para hamba yang lain.

3.سَخَّابٍ بِالْأَسْوَاقِ; Artinya orang yang karena kerakusan dan kegandrungannya pada harta, ia memperbanyak omongan dengan tujuan supaya bisa mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Ia tidak peduli apakah omongannya halal ataukah haram.

4.جِيفَةٍ بِاللَّيْلِ; Menjadi bangkai di malam hari. Yakni menghabiskan seluruh waktu malamnya untuk tidur. Ia tidak peduli untuk melakukan shalat sama sekali. 5.حِمَارٍ بِالنَّهَارِ ; Menjadi keledai di siang hari. Yakni yang ia pikirkan hanya bagaimana bisa memakan berbagai menu makanan dan banyak menikmati berbagai kemewahan hidup. Dengan sebab itu, ia lalai melakukan hal-hal yang Allah wajibkan kepadanya.

6.عَالِـمٍ بِأَمْرِلدُّنْيَا جَاهِلٍ بِأَمْرِ الْآخِرَةِ; Mengetahui perkara dunia namun bodoh mengenai perkara akhirat. Yakni mengetahui bagaimana cara mencari dan mengumpulkan harta, akan tetapi tidak memiliki pengetahuan mengenai bagian ilmu agama yang fardlu ‘ain untuk dipelajari, yang disebut para ulama dengan istilah عِلْمُالدِّيْنِ الضَّرُوْرِيِّ (ilmu agama yang pokok).

Untuk hal itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

 

 

 

Maknanya: “Mencari ilmu agama yang pokok (ilmu agama yang dasar) hukumnya adalah fardlu ‘ain bagi setiap muslim (laki-laki dan perempuan),” (HR Ibnu Majah dan al-Baihaqi).

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,

Mari kita simak di akhir khutbah, khatib mengutip mutiara nasihat Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah yang mengingatkan kepada kita semua bahwa kehidupan dunia adalah waktu untuk beramal, dan semua yang kita lakukan di dunia ini akan kita pertanggungjawabkan di akhirat:

 

Maknanya: “Dunia berjalan membelakangi kita, sedangkan akhirat berjalan menghampiri kita. Masing-masing dari dunia dan akhirat memiliki anak-anaknya. Maka jadilah bagian dari anak-anak akhirat (senantiasa mementingkan kehidupan akhirat) dan janganlah menjadi bagian dari anak-anak dunia (selalu mementingkan kehidupan dunia yang sementara), karena hari ini (kehidupan dunia) adalah waktunya beramal dan tidak ada hisab, sedangkan besok (kehidupan akhirat) adalah waktunya mempertanggungjawabkan amal, dan bukan waktunya beramal,” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Shahih al-Bukhari).

Selamat tinggal tahun 2021 semoga tahun mu menjadi pelajaran untuk kami tetap optimis di tahun mendatang, terikasih atas kenangan manis, indah, pahit, sedih yang mewarnai hidup kami.  Masalalu penuh dengan liku-liku. Masa depan penuh dengan impian dan harapan. Selamat datang  Tahun Baru 2022, merupakan langkah untuk menyambut masa depan yang penuh kejayaan dan kesuksesan. Berharap Pandemi Segera berakhir.

 

 

Khutbah II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *