Seminar Hasil Magang Mahasiswa S2 Magister Manajemen Pendidikan Islam

Seminar Hasil Magang Mahasiswa S2

Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung 20 Desember 2023

 

Seminar Hasil Magang didesikasikan sebagai upaya peningkatan kompetensi mahasiswa menjadi bagian integral kurikulum pendidikan S2 Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang diberlakukan sejak tahun akademik 2021/2022. Kegiatan ini merupakan implementasi kurikulum MBKM yang telah disahkan oleh Kementerian Pendidikan yang wajib dijalankan oleh setiap institusi pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; diperkuat pula dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 706 Tahun 2018 tentang Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu Pada KKNI dan SN-Dikti. Secara operasional berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3879 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembelajaran dan Penilaian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Terkait dengan itu, ada tipa pertanyaan terlontar dari teman-teman pers (1) Apa tanggapan  prof. tenta seminar tersebut? (2) Nilai edukasi apa yg bisa digali dg seminar tersebut? (3) Apa harapannya dg seminar tetsebut?.

Pertama: Apa tanggapan  prof. tenta seminar tersebut?; Kegiatan Seminar Hasil Magang Mahasiswa S2 Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Tahun 2023/204, sesungguhnya bertujuan untuk mendengarkan hasil dari kegiatan magang yang telah dilaksanakan selama 4 bulan pada 15 Madrasah Aliyah Nengeri di Provinsi Jawa Barat. Dengan mengangkat tema: ”Culture of Education Institution Builds acareer Generation of Leader” atau dalam bahasa sederhananya ”Budaya Lembaga Pendidikan Membangun Generasi Pemimpin Karir” Tema ini menjadi pemantik guna mewujudkan Mahasiswa yang Kompeten dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam serta mendukung Program MBKM.

Kedua: Nilai edukasi apa yang bisa digali dengan seminar tersebut? Seminar Hasil Magang Mahasiswa S2 Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 20 Desember 2023 membahas tema “Culture of Education Institution Builds a Career Generation of Leader”. Seminar ini mendukung upaya peningkatan kompetensi mahasiswa melalui integrasi kurikulum dan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi (MBKM). Edukasi yang dapat digali melibatkan pemahaman mendalam tentang budaya lembaga pendidikan dalam membentuk generasi pemimpin, memperkaya wawasan manajemen pendidikan, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Dengan demikian, seminar tersebut memberikan nilai tambah dalam mempersiapkan mahasiswa S2 menjadi pemimpin yang berkualitas dalam konteks pendidikan Islam.

Ketiga: Apa harapannya dengan seminar Magang tetsebut? Apabila megacu pada kurikulum program studi yang mengacu merdeka belajar-kampus merdeka, program magang/praktik kerja ditentukan durasi waktunya berlangsung antara 6-12 bulan dengan pengakuan bobot sks sebesar antara 20-40 sks yang akan diperoleh mahasiswa yang mengikuti program magang/praktik kerja. Program magang/praktik kerja sebagai bentuk pembelajaran langsung berbasis pengalaman di tempat kerja (experiential learning) akan memberikan pengalaman yang memadai kepada mahasiswa untuk dapat memahami dan belajar secara langsung di tempat kerja. Melalui program magang/praktik kerja mahasiswa akan terbentuk kompetensinya baik dalam bentuk hardskills (keterampilan, performan, kreatif, inovatif) maupun maupun soft skills (complex problem solving, analytical skills, critical thingking, collaborative, communication skills, team work, etika profesi/kerja). Sementara tempat magang/praktik kerja seperti dunia kerja/industri/kantor/ jasa mendapatkan tambahan SDM yang memiliki keahlian dan kemampuan serta talenta yang bila cocok pada akhirnya nanti bisa langsung direkruit sebagai pegawai di perusahaan/instansi tersebut. Hal ini akan mengurangi beban biaya yang dikeluarkan pihak perusahaan/kantor dalam kegiatan recruitment dan training sejak awal/induksi. Kegiatan magang/praktik kerja mahasiswa di dunia kerja/industri/instansi/jasa dibawah bimbingan dosen pembimbing yang ditugaskan oleh kampus dan pihak yang ditugaskan oleh perusahaan/kantor tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan magang/praktik kerja di dunia industri/instansi/dunia kerja/dunia jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *